Jurnal Ilmiah Informatika Komputer
Vol 28, No 2 (2023)

ANALISIS SENTIMEN WARGA TWITTER TERHADAP GAME SHOPEE COCOKI DENGAN METODE NAIVE BAYES CLASSIFIER

Andaru Pratama Putra (Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya)
Anggrarista Nusty Alivia (Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya)
Maulidiya Meilani (Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya)
Naura Jasmine Azzahra (Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya)
Nur Aini Rakhmawati (Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya)



Article Info

Publish Date
24 Aug 2023

Abstract

Di era digital saat ini, banyak platform e-commerce bersaing untuk menarik pelanggan. Shopee adalah salah satu platform yang populer dengan banyak fitur dan layanan yang menarik, termasuk game "Shopee Cocoki" yang telah menjadi tren di kalangan pengguna Shopee. Penelitian ini menggunakan metode analisis sentimen Naive Bayes, yang memanfaatkan kemungkinan untuk mengkategorikan tweet menjadi kategori sentimen positif, negatif, atau netral. Data yang digunakan adalah sejumlah tweet yang mengandung kata kunci terkait "Shopee Cocoki" yang diambil dari Twitter. Berdasarkan hasil eksperimen, diperoleh nilai akurasi keseluruhan sebesar 55%. Sentimen negatif memiliki nilai presisi sebesar 57%, recall sebesar 80%, dan f1-score sebesar 67%. Sentimen netral memiliki nilai presisi sebesar 33%, recall sebesar 17%, dan f1-score sebesar 22%. Sedangkan sentimen positif memiliki nilai presisi sebesar 33%, recall sebesar 25%, dan f1-score sebesar 29%.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

infokom

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

This journal is published periodically three times a year, April, August, and December. It publishes a broad range of research articles on Information Technology and Communication, whether in Indonesian Language or ...