Jurnal Solusi Masyarakat Dikara
Vol 4, No 1 (2024): April 2024

Pelatihan Canva sebagai Upaya Peningkatan Kompetensi Digital Bagi Guru SMA dalam Implementasi Kurikulum Merdeka

Mursalin, M (Unknown)
Ali, Muhammad (Unknown)
Armita, Desi (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2024

Abstract

Di era digital saat ini, kemampuan untuk memanfaatkan teknologi dalam proses pembelajaran menjadi kebutuhan yang mendesak bagi para pendidik. Guru SMA perlu dibekali dengan keterampilan digital yang relevan, salah satunya adalah kemampuan menggunakan alat desain grafis seperti Canva. Pelatihan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan kompetensi digital guru SMA, sehingga mereka dapat menciptakan media pembelajaran yang menarik dan efektif. Pelaksanaan kegiatan pengabdian ini melibatkan serangkaian sesi pelatihan yang mencakup pengenalan dasar Canva, teknik-teknik desain grafis, serta aplikasi praktis dalam konteks pembelajaran. Metode yang digunakan dalam pelatihan ini adalah pendekatan praktis dengan hands-on training, dimana peserta langsung mempraktikkan materi yang diberikan dengan bimbingan dari instruktur yang berpengalaman. Hasil dari pelatihan ini menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam kemampuan desain grafis peserta. Guru mampu menghasilkan berbagai media pembelajaran yang kreatif dan inovatif, yang diharapkan dapat meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa di kelas. Selain itu, pelatihan ini juga memberikan dampak positif terhadap kepercayaan diri guru dalam menggunakan teknologi digital dalam pengajaran. Evaluasi pasca-pelatihan melalui kuesioner dan observasi menunjukkan bahwa 90% peserta merasa lebih siap dan percaya diri dalam memanfaatkan Canva untuk keperluan pendidikan. Secara keseluruhan, pelatihan Canva ini berhasil mencapai tujuannya dalam meningkatkan kompetensi digital guru SMA, sekaligus memberikan kontribusi positif terhadap upaya peningkatan kualitas pendidikan di sekolah menengah atas (SMA).

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jsmd

Publisher

Subject

Humanities Education Engineering Social Sciences Other

Description

Jurnal Solusi Masyarakat Dikara ISSN 2828-3481 (Online) merupakan jurnal pengabdian dosen untuk mempublikasikan hasil tridharma perguruan tinggi berupa artikel pengabdian. Jurnal Solusi Masyarakat Dikara terbit 3 kali setahun, setiap April, Agustus dan Desember. Naskah yang disubmit harus ditulis ...