Madrasah Ibtidaiyah Research Journal
Vol. 2 No. 2 (2024)

Efektivitas Penggunaan Media Dinding Kata dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Aksara Lontara Siswa Kelas III Madrasah Ibtidaiyah At-Thahiriyah Componge Kabupaten Bone

Nurlaila, Nurlaila (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media dinding kata dalam meningkatkan kemampuan membaca aksara lontara siswa kelas III MI At-Thahiriyah Componge, Kabupaten Bone. Pokok permasalahan dalam penelitian ini terkait kemampuan membaca aksara lontara siswa masih kurang tepat,  cara baca masih terbata-bata, dan  mudah bosan pada pembelajaran bahasa daerah. Penelitian ini tergolong penelitian kuantitatif, khususnya eksperimen dengan desain One Group Pretest-Postest. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa unjuk kerja atau  tes praktik kemampuan  membaca aksara lontara dengan menggunakan lembar penilaian sesuai dengan kisi-kisi instrumen kemampuan membaca aksara lontara. Kemudian, dilakukan analisis data secara statistik untuk mengetahui hasil perhitungan nilai pretest-postest, uji normalitas, dan uji hipotesis.. Penelitian ini dilaksanakan di kelas III MI At-Thahiriyah Componge Kabupaten Bone dengan sampel sebanyak 22 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media dinding kata efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca aksara lontara siswa kelas III MI At-Thahiriyah Componge, Kabupaten Bone. Hal itu didasarkan pada uji hipotesis dengan menggunakan uji-t. Pada nilai pre-test dan post-test, dapat diketahui jika nilai (signifikansi) 2-tailed 0,000 < 0,05 maka HO ditolak dan H1 diterima, sehingga penggunaan media dinding kata efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca aksara lontara siswa kelas III MI At-Thahiriyah Componge, Kabupaten Bone.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

maraja

Publisher

Subject

Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Madrasah Ibtidaiyah Research Journal, is providing a platform that welcomes and acknowledges high-quality empirical original research papers about elementary education written by researchers, academicians, professionals, and practitioners from all over the world. This journal is published two times ...