Madrasah Ibtidaiyah Research Journal
Vol. 2 No. 1 (2024)

Efektivitas Media Ludo dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran IPA Kelas V MI Nurul Yaqin Lompo, Kabupaten Bone

Dani, Sri Rahma (Unknown)
Hasan, Hasan (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Feb 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media Ludo dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPA kelas V MI Nurul Yaqin Lompo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan desain pre-experiment, khususnya one group pretest-posttest design. Lokasi penelitian ini adalah MI Nurul Yaqin Lompo, Kabupaten Bone. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V MI Nurul Yaqin Lompo yang berjumlah 26 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media Ludo efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPA. Hal ini dapat dilihat berdasarkan pada Uji Paired Sample T-Test dengan menggunakan bantuan pengolahan data SPSS Versi 22. Dari hasil penelitian, diperoleh nilai signifikan (2-tailed) sebesar 0.000 < 0.05. Dengan demikian, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media Ludo efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas V MI Nurul Yaqin Lompo, Kabupaten Bone.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

maraja

Publisher

Subject

Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Madrasah Ibtidaiyah Research Journal, is providing a platform that welcomes and acknowledges high-quality empirical original research papers about elementary education written by researchers, academicians, professionals, and practitioners from all over the world. This journal is published two times ...