Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh persepsi kelompok referensi, dan gaya hidup terhadap keputusan nasabah pada Bank 9 Jambi Syariah Kota Jambi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Penelitian ini dilakukan di PT. Bank 9 Jambi Syariah Jl. Kapten Pattimura No. 70-71 Simpang IV Sipin Telanaipura, Jambi. Metode pengumpulan yang digunakan adalah studi kepustakaan dan kuesioner. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, maka dapat ditarik kesimpulan dalam penelitian ini; (1) Dengan menggunakan regresi linear berganda dalam menganalisa data, didapatkan hasil: Y = 2.085 + 0.417X1 + 0.181X2 - 0.476X3; (2) Hasil penelitian dengan menggunakan uji F terbukti bahwa variabel presepsi, kelompok referensi, dan gaya hidup secara bersama-sama akan mempengaruhi keputusan nasabah di Bank 9 Jambi Syariah, menunjukkan bahwa variabel independen memiliki nilai P-Value 0,000 dimana nilai probabilitas ini dibawah 0,05. Dengan demikian, maka sesuai dengan ketentuan dalam kriteria pengujian, jika nilai probabilitas < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa variable presepsi, kelompok referensi, dan gaya hidup secara bersamasama berpengaruh terhadap keputusan nasabah; (3) Hasil penelitian dengan menggunakan uji t (Parsial) menunjukan bahwa nilai signifikan berpengaruh terhadap presepsi (X1), kelompok referensi (X2), gaya hidup (X3) terhadap keputusan nasabah (Y) adalah 0.000 < 0.05, maka nilai t hitung seluruh variabel presepsi (X1), kelompok referensi (X2), dan gaya hidup (X3) berpengaruh terhadap keputusan nasabah (Y) secara signifikan.
Copyrights © 2023