Tujuan penelitian ini untuk menganalisis Strategi Pembelajaran Al-Qur’an Hadis Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Muslimatul Ittihadziah Parit Subulus Salam Desa Pancur Kecamatan Keritang Kabupaten Indragiri Hilir Riau. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data adalah observasi, Wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah Reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Pertama, Strategi Pembelajaran Al-Qur'an Hadis di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Muslimatul Ittihadziah mencakup tiga metode utama: Metode Iqra', Metode Qira'aty, dan Metode An-Nahdliyah. Ketiga metode ini menciptakan pendekatan komprehensif dalam pengajaran Al-Qur'an, memungkinkan siswa untuk memahami tajwid, penghayatan, dan pemahaman makna Al-Qur'an. Kedua, Kemampuan membaca Al-Qur'an siswa di sekolah ini terlihat meningkat dengan baik. Siswa memiliki kebiasaan shalat dan ibadah, membaca Al-Qur'an setiap hari, berpartisipasi dalam kegiatan keagamaan, memiliki kesadaran etika dan moral yang baik, menunjukkan sikap peduli, dan mendapatkan dukungan dari guru-guru yang berperan dalam pengawasan dan pembinaan.Ketiga ,metode pengajaran Al-Qur'an, yaitu Metode Iqra', Metode Qira'aty, dan Metode An-Nahdliyah, memberikan dampak positif pada pembelajaran Al-Qur'an. Masing-masing memiliki keunggulan sendiri dalam mengembangkan pemahaman siswa tentang Al-Qur'an. Keempat, Faktor pendukung dalam strategi pembelajaran Al-Qur'an dan Hadis mencakup komitmen siswa, ketersediaan sumber belajar, dukungan orang tua, kualitas pengajaran, dan lingkungan sekolah yang mendukung. Sementara faktor penghambat meliputi kurangnya motivasi siswa, keterbatasan sumber daya, teknologi yang terbatas, gangguan lingkungan, dan kesibukan lainnya. Dengan memanfaatkan faktor pendukung dan mengatasi faktor penghambat, sekolah dapat terus meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an siswa.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023