QOSIM: Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora
Vol 2 No 2 (2024): 2024

Dampak Sertifikasi Guru Terhadap Kinerja Guru Madrasah Tsanawiyah Al-Irsyadiyah Merangin Provinsi Jambi

Rahmi Pertiwi, Getar (Unknown)
Yun Sari, Lili (Unknown)
Saherawan, Dinno (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2024

Abstract

Sertifikasi guru sangat penting dalam meningkatkan kinerja guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran sertifikasi guru dan dampaknya terhadap kinerja guru madrasah. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Hal itu meremehkan guru madrasah yang sudah menjalani sertifikasi dan yang belum. Temuan penelitian menunjukkan bahwa sertifikasi guru memiliki dampak yang signifikan terhadap kinerja guru madrasah. Jika dibandingkan dengan guru yang belum menjalani sertifikasi, mereka yang telah menjalani sertifikasi cenderung menunjukkan kinerja yang lebih baik dalam hal kualitas pembelajaran, efisiensi kerja, sikap kerja, produktivitas kerja, dan kemampuan komunikasi. Selain itu, temuan studi ini juga menunjukkan bahwa sertifikasi guru meningkatkan motivasi dan komitmen guru terhadap karirnya. Semua ini memiliki implikasi penting bagi pengembangan pendidikan di madrasah, khususnya dalam hal peningkatan kualitas guru dan efektivitas pembelajaran. Langkah-langkah yang lebih menyeluruh diperlukan untuk mengembangkan program sertifikasi guru dan pelatihan tatap muka yang tepat untuk mendorong partisipasi guru dalam program ini. Penelitian selanjutnya juga dapat mengungkap faktor-faktor lain yang berdampak negatif terhadap hubungan antara kualitas guru dan kinerja staf madrasah.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

qosim

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

QOSIM: Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora dengan e-ISSN 2987-713X (online) p-ISSN 3025-5163 (cetak) dan Prefix DOI 10.61104. adalah jurnal multidisiplin dan akses terbuka peer-reviewed dengan mengikuti kebijakan single-blind review. Artikel ilmiah pada Jurnal QOSIM: Jurnal Pendidikan, Sosial & ...