QOSIM: Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora
Vol 2 No 2 (2024): 2024

Pembentukan Karakter Peserta Didik Melalui Pendidikan Agama Islam di Era Revolusi Industri 4.0

Furqon, Mohamad (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2024

Abstract

Pendidikan memiliki peran yang sangat berpengaruh dalam membentuk karakter peserta didik di setiap era, termasuk di era revolusi industri 4.0. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembentukan karakter siswa melalui pendidikan agama Islam di sekolah. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan jenis studi pustaka (library research), teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi pada buku dan jurnal ilmiah, dengan teknik analisis data yakni reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembentukan karakter siswa melalui pendidikan agama Islam dibentuk dengan pembelajaran akidah sebagai dasar agama, pembelajaran al-qur an dan hadits sebagai pedoman hidup dan sebagai pedoman hukum dalam beribadah, dan pembelajaran akhlak sebagai pedoman. memandu. untuk perilaku baik atau buruk. Pendidikan yang berkualitas adalah pendidikan yang mampu membentuk karakter peserta didiknya. Kesimpulan dari penelitian ini adalah individu harus membiasakan diri dengan realisasi ajaran yang selaras dengan ajaran Islam agar memiliki kepribadian yang arif.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

qosim

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

QOSIM: Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora dengan e-ISSN 2987-713X (online) p-ISSN 3025-5163 (cetak) dan Prefix DOI 10.61104. adalah jurnal multidisiplin dan akses terbuka peer-reviewed dengan mengikuti kebijakan single-blind review. Artikel ilmiah pada Jurnal QOSIM: Jurnal Pendidikan, Sosial & ...