TarbiyahMU
Vol. 1 No. 1 (2021): TarbiyahMu

MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERCERITA PADA ANAK USIA DINI MELALUI MEDIA GAMBAR

Nia Kurniasih (RA Bina Insan Unggul)
Neni Hartini (RA Miftahul Huda)



Article Info

Publish Date
08 Jul 2021

Abstract

Cerita merupakan media yang sangat baik dan efisien dalam proses kegiatan belajar mengajar di TK/RA. Cerita yang di sampaikan dengan baik dapat menginspirasikan suatu tindakan, membantu perkembangan apresiasi budaya, memperluas pengetahuan anak-anak. Keterlibatan anak terhadap dongeng yang diceritakan akan memberikan suasana segar, menarik dan menjadi pengalaman yang unik bagi anak. Buku cerita bergambar dengan tema fantasi relialistis membantu anak berimajinasi tentang hal-hal yang berada diluar lingkungannya sehingga perkembangan pemikiran dan kreativitas anak tidak terbatas pada hal tertentu. Namun penulis menemukan beberapa permasalahan mendasar yang menyebabkan rendahnya kemampuan bercerita anak usia dini di RA Bina Insan Unggul Kota Banjar yaitu anak masih menunggu guru, kemampuan bercerita masih kurang, tidak mempunyai ide sendiri, belum bisa mengungkapkan idenya sendiri kalau tidak dibantu oleh guru, Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui kemampuan bercerita pada anak usia dini melalui media gambar. Penelitian yang dilakukankan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) pada sampel sebanyak 19 siswa. Hasil penelitan menunjukkan bahwakemampuan bercerita menjadi meningkat dengan digunakannya media gambar. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan kemampuan bercerita lebih tinggi ditunjukkan oleh peningkatan hasil posttest. Pada siklus III kemampuan anak yang mencapai katagori baik pada aspek kesatu 78,95%, aspek kedua 68,42% dan aspek ketiga 47,37%. Kesimpulannya kemampuan bercerita menjadi meningkat dengan digunakannya media gambar.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

TarbiyahMU

Publisher

Subject

Religion Humanities Other

Description

TarbiyahMu merupakan jurnal ilmiah yang berkomitmen untuk memajukan pengetahuan dan praktik di bidang pendidikan melalui publikasi penelitian yang berkualitas. Jurnal ini berfokus pada Penelitian Tindakan Kelas (PTK), penelitian di bidang pendidikan, pendidikan anak usia dini, budaya Islam, dan ...