cover
Contact Name
Pandu Pribadi
Contact Email
pandupribadi2384@gmail.com
Phone
+6281392698233
Journal Mail Official
pandupribadi2384@gmail.com
Editorial Address
Sumanding Wetan RT.03 RW.15 Kel. Mekarsari Kec. Banjar Kota Banjar
Location
Kota banjar,
Jawa barat
INDONESIA
TarbiyahMU
ISSN : 2798429X     EISSN : -     DOI : -
TarbiyahMu merupakan jurnal ilmiah yang berkomitmen untuk memajukan pengetahuan dan praktik di bidang pendidikan melalui publikasi penelitian yang berkualitas. Jurnal ini berfokus pada Penelitian Tindakan Kelas (PTK), penelitian di bidang pendidikan, pendidikan anak usia dini, budaya Islam, dan bahasa Arab dengan pendekatan multidisipliner. Dengan fokus ini, TarbiyahMu berupaya memberikan kontribusi yang signifikan dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan praktik pendidikan di Indonesia. Dikelola oleh LPPM STIT Muhammadiyah Banjar, TarbiyahMu memastikan setiap artikel yang dipublikasikan memenuhi standar kualitas yang tinggi. Redaksi mengundang para peneliti, dosen, dan mahasiswa untuk mengirimkan artikel penelitian mereka guna berkontribusi dalam pengembangan ilmu pengetahuan di bidang-bidang yang telah disebutkan. Dengan demikian, TarbiyahMu menjadi wadah penting bagi pertukaran ide, temuan baru, dan inovasi dalam bidang pendidikan dan kajian Islam.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 46 Documents
EFEKTIFITAS PENERAPAN METODE TANYA JAWAB TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM Nurhidayah Shiddiq; Julaeha Julaeha
TarbiyahMU Vol. 1 No. 1 (2021): TarbiyahMu
Publisher : TarbiyahMU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dari berbagai mata pelajaran yang diberikan, mata pelajaran PAI dianggap memegang peranan penting. Sehingga diharapkan peserta didik mampu memberikan hasil belajar yang memuaskan. Namun pada kenyataannya tidak seperti yang diharapkan, prestasi mata pelajaran PAI peserta didik sangat memprihatinkan. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah penguasaan peserta didik saat ini yang berkaitan erat dengan strategi pembelajaran yang digunakan. Proses pembelajaran yang berlangsung hingga saat ini, menunjukkan dominasi guru terhadap peserta didik cukup menonjol sehingga peserta didik kurang terlibat dalam proses pembelajaran. Hal tersebut mengakibatkan kurangnya tanggung jawab peserta didik terhadap tugas belajarnya. Upaya memaksimalkan penguasaan PAI, bagi peserta didik perlu dipikirkan suatu strategi yang dapat melibatkan intelektual peserta didik secara optimal dalam proses pembelajaran. Salah satu alternatif yang dapat ditempuh adalah penggunaan keterampilan bertanya dalam proses pembelajaran. Dalam proses belajar mengajar, tujuan pertanyaan yang diajukan oleh guru adalah agar peserta didik belajar, artinya memperoleh pengetahuan (informasi) dan meningkatkan kemampuan berpikir peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan metode Tanya jawab terhadap hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran PAI. Metode penelitian menggunakan penelitian eksperimen-kuasi (quasi experiment). Dalam penelitian ini yang dieksperimenkan adalah penggunaan metode bertanya dengan sampel yang diteliti sebanyak 35 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Hasil belajar siswa melalui hasil pretest dan posttest pada pembelajaran aktif menggunakan Metode Tanya Jawab diperoleh nilai gain skor ternormalisasi 0,38 dan termasuk kriteria sedang. Hal ini berarti peningkatan penguasaan konsep siswa setelah diterapkannya Metode Tanya Jawab masuk kedalam kategori sedang. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Metode Tanya Jawab berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa dengan table < hitung
PENGARUH PENGGUNAAN MULTIMEDIA TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM Sufia Widi Kasetyaningsih
TarbiyahMU Vol. 1 No. 1 (2021): TarbiyahMu
Publisher : TarbiyahMU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pendidikan Agama Islam merupakan salah satu pelajaran yang kurang diminati. Salah satu penyebabnya adalah Pendidikan Agama Islam (PAI) terdapat konsep yang bersifat abstrak sehingga sukar membayangkannya. Sehingga penggunaan media dalam proses belajar mengajar PAI diharapkan dapat membantu kelancaran, efektifitas dan efisien pencapaian tujuan pembelajaran. Adanya media pembelajaran maka posisi guru bukan lagi sebagai satu-satunya sumber belajar, tetapi sebagai fasilitator. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan multimedia terhadap minat belajar Siswa pada mata pelajaran PAI SMP Negeri 2 Kota Surakarta. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX di SMPN 2 Kota Surakarta sebanyak 210 orang. Penentuan sampel menggunakan random sampling yaitu 68 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan multimedia pada pembelajaran PAI di kelas IX SMP Negeri 2 termasuk kategori cukup baik, namun hal-hal yang perlu diperbaiki adalah penjelasan PAI oleh guru melalui presentasi lebih mudah dipahami, pembahasan guru tentang PAI melalui power point lebih runtut, materi pelajaran melalui power point lebih menarik, materi pelajaran guru melalui power point lebih jelas terbaca, dan materi pelajaran dibahas guru melalui power point lebih menyeluruh. Minat belajar siswa kelas IX pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 2 termasuk kategori baik, namun hal-hal yang perlu diperbaiki adalah siswa harus lebih serius, penuh perhatian, puas, dan tertarik terhadap pembelajaran PAI yang disampaikan oleh guru. Ada pengaruh yang kuat penggunaan multimedia terhadap minat belajar siswa dengan nilai r sebesar 0,776 dan nilai KD sebesar 60,2%. Hal ini berarti 60,2 % variabel minat belajar siswa dipengaruhi oleh penggunaan multimedia. Sedangkan sisanya 39,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang dalam penelitian ini tidak dibahas.
PENGARUH STRATEGI CRITICAL INCIDENT (PENGALAMAN PENTING) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM Otih Otih; Anwar Musthafa Shiddiq
TarbiyahMU Vol. 1 No. 1 (2021): TarbiyahMu
Publisher : TarbiyahMU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pendidikan agama (Islam) termasuk salah satu komponen wajib dari isi kurikulum setiap jenjang pendidikan. Banyak sekali hal hal yang sangat mempengarui berhasil tidaknya suatu pendidikan di dunia pendidikanitu, antara lain adalah proses belajar mengajar. Selama ini salah satu problem yang dihadapi oleh pendidikan kita adalah lemahnya proses pembelajaran. Kondisi saat ini pendekatan pendidikan di sekolah-sekolah berpusat pada guru yang berarti semua mengarah pada guru. Pembelajaran aktif dan kreatif disekolah mengajak peserta didik belajar secara aktif, ketika peserta didik belajar dengan aktif, berarti mereka yang mendominasi aktifitas pembelajaran dan mereka secara aktif menggunakan pengetahuan dan pemahamannya baik untuk menemukan ide pokok dari materi pelajaran, memecahkan persoalan, atau mengaplikasikan apa-apa yang baru mereka pelajari kedalam suatu persoalan yang ada dalam kehidupan nyata. Model pembelajaran critical incident merupakan strategi untuk mengaktifkan siswa dalam pembelajaran sehingga akan berdampak kepada hasil belajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengetahui dan mendiskripsikan pengaruh strategi critical incident terhadap hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran PAI di SMPN 2 Cineam Kabupaten Tasikmalaya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMPN 2 Cineam Kabupaten Tasikmalaya sebanyak 90 orang. Penentuan sampel menggunakan total sampling yaitu 90 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi Critical Incident di Kelas VIII SMPN 2 Cineam Kabupaten Tasikmalaya, setelah dilakukan analisis mempunyai nilai rata-rata 254 yang berada pada kategori cukup. Hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di kelas VIII SMPN 2 Cineam Kabupaten Tasikmalaya cukup yaitu sebanyak 59 orang (65,6%). Hasil pengujian regresi linier nilai R (korelasi) sebesar 0,859 yang menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang kuat Strategi Critical Incident terhadap hasil belajar dengan t hitung 15,729 > t tabel 1,67
MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERCERITA PADA ANAK USIA DINI MELALUI MEDIA GAMBAR Nia Kurniasih; Neni Hartini
TarbiyahMU Vol. 1 No. 1 (2021): TarbiyahMu
Publisher : TarbiyahMU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Cerita merupakan media yang sangat baik dan efisien dalam proses kegiatan belajar mengajar di TK/RA. Cerita yang di sampaikan dengan baik dapat menginspirasikan suatu tindakan, membantu perkembangan apresiasi budaya, memperluas pengetahuan anak-anak. Keterlibatan anak terhadap dongeng yang diceritakan akan memberikan suasana segar, menarik dan menjadi pengalaman yang unik bagi anak. Buku cerita bergambar dengan tema fantasi relialistis membantu anak berimajinasi tentang hal-hal yang berada diluar lingkungannya sehingga perkembangan pemikiran dan kreativitas anak tidak terbatas pada hal tertentu. Namun penulis menemukan beberapa permasalahan mendasar yang menyebabkan rendahnya kemampuan bercerita anak usia dini di RA Bina Insan Unggul Kota Banjar yaitu anak masih menunggu guru, kemampuan bercerita masih kurang, tidak mempunyai ide sendiri, belum bisa mengungkapkan idenya sendiri kalau tidak dibantu oleh guru, Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui kemampuan bercerita pada anak usia dini melalui media gambar. Penelitian yang dilakukankan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) pada sampel sebanyak 19 siswa. Hasil penelitan menunjukkan bahwakemampuan bercerita menjadi meningkat dengan digunakannya media gambar. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan kemampuan bercerita lebih tinggi ditunjukkan oleh peningkatan hasil posttest. Pada siklus III kemampuan anak yang mencapai katagori baik pada aspek kesatu 78,95%, aspek kedua 68,42% dan aspek ketiga 47,37%. Kesimpulannya kemampuan bercerita menjadi meningkat dengan digunakannya media gambar.
PERAN BADAN PENASIHATAN PEMBINAAN DAN PELESTARIAN PERKAWINAN (BP4) DALAM MEMBENTUK KELUARGA SAKINAH MAWADAH DAN WAROHMAH : Studi Kasus di Kecamatan Wanareja Kabupaten Cilacap Nono Carsono
TarbiyahMU Vol. 1 No. 1 (2021): TarbiyahMu
Publisher : TarbiyahMU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Banyaknya permasalahan pernikahan yang bisa menghambat untuk mencapai taraf keluarga yang harmonis pada masyarakat Kecamatan Wanareja Kabupaten Cilacap, hal ini menunjukkan perlu adanya pencerahan berupa bimbingan dan pembinaan, baik itu berasal dari tokoh masyarakat, tokoh agama, psikiater, atau bahkan diperoleh dari lembaga pemerintah yang berwenang dan bertugas dalam pembinaan perkawinan yang tujuannya mampu meningkatkan pemahaman mengenai konsep keluarga harmonis (sakinah) yang sebenarnya demi terciptanya keutuhan keluarga. Metode penelitian yang dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif eksploratif dalam pembahasannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran Badan Penasihatan Pembinaan dan Pelestarian Perkawinan (BP4) dalam dalam membentuk Keluarga Sakinah Mawadah dan Warohmah di Kecamatan Wanareja Kabupaten Cilacap dengan menyelenggarakan kursus calon pengantin kepada pasangan yang akan melakukan perkawinan. Sebelum pasangan calon pengantin menikah, harus dilakukan kursus calon pengantin terlebih dahulu. Kursus calon pengantin dilakukan selama tiga hari. Dalam kursus calon pengantin tersebut, kedua calon pengantin diberikan gambaran tentang hidup keluarga. Dalam kursus calon pengantin juga dijelaskan mengenai perkawinan, kewajiban suami isteri dalam keluarga dan dijelaskan pula mengenai keluarga yang sakinah mawadah warahmah serta cara mewujudkan keluarga yang Sakinah mawadah warahmah.
THE EFFECTIVENESS OF RECIPROCAL STRATEGY COMPARED WITH COGNITIVE STRATEGY TO TEACH READING COMPREHENSION OF STUDENTS WITH HIGH AND LOW MOTIVATION MTsQ DAARUL ISTIQOMAH BANJAR ACADEMIC YEAR 2021/2022 supriatna, nana; Sri Gusmayanti, Aneu
TarbiyahMU Vol. 3 No. 2 (2023): TarbiyahMu
Publisher : TarbiyahMU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This thesis is experimental research with the factorial design which aims at findings the effectiveness of reciprocal strategies and cognitive strategies in teaching reading to the highly motivated students and low-motivated students of Mts Daarul Istiqomah Banjar. The sample of the study was the class eight-graders students of Mts Daarul Istiqomah Banjar academic year 2020/2021 consisting of 33 students. There are five classes for the eighth graders, and each of the classes consists of approximately 33 students. In this research, the writer took 2 classes namely VIII men and VIII women divided into two classes as the experimental and control group. After that, the researcher classified the students based on their motivation in reading. Using a questionnaire, the researcher selected 8 students for highly motivated and 8 for low motivation. Based on the classifications, there are 16 students in the experimental class and 16 students in the control class. Therefore, the number of samples is 32 students. Four reading passages is selected, each passage followed by 10 multiple-choice reading comprehension questions, with a total number of 40 questions in a given test. The test lasted for around 60 minutes. In addition, greater care is needed in choosing passages so that the passage type matches the reading strategies taken. Students were asked to take the same comprehension test at the beginning (pre-test) and the end (post-test). The researcher scored all the test papers, whereby subjects received one point if they chose the correct answer. To know the quality of the test, the writer held a test to measure the validity and reliability of the test used in this research. The result of the study revealed that in the experimental group shows that, there was a significant between the score pretest and posttest of highly motivated students. It can be seen, there was increasing of score 14.375 points from the pretest to the posttest. Secondly, the reading test of low-motivated students by using reciprocal strategy is 15.625 points. It means that there was a significant increase in scores from the pretest to the post-test. The result of the test in the control class showed that there was a significant score pretest and posttest of high motivation taught by cognitive strategy. It can be seen, there was increasing of score 14.375 points from the pretest to the post-test. And then, the reading test of low-motivated students is 11.250 points. It means that there was a significant increase in scores from the pretest to the posttest. And then, based on the hypothetical test, it was obtained Sig. 0.421> 0,05. It can be concluded that Ho is accepted, and Ha is rejected. It means that there was no significant student achievement in the score between the use of reciprocal strategy and cognitive strategy. The writer can explain that the strategy in reading was not significant influencing students' achievement in reading, but the fact shows that motivation has a significant influence on the students reading achievement ( see the table ANOVA test). In this case, two kinds of motivation were investigated: high and low-motivated students. Based on SPSS output, it was obtained F= 49,549 and a value of Sig. 0,000 < 0,05. It means that Ha was accepted and Ho was rejected. Therefore, there was a sign of student achievement between high and low-motivated students. Referring to the result of the study, it is recommended that teachers should activate students’ awareness of using reciprocal strategies by Pre-test and Post-test in teaching reciprocal strategy and cognitive strategy as the reading strategies to increase students’ reading motivation. Keywords: Teaching reading strategies, reciprocal strategies, cognitive strategies, highly motivated students, low motivated students
The INFLUENCE OF ENGLISH CONVERSATIONS ON THE STUDENTS’ COMPETENCE IN ENGLISH SPEAKING AT THE ELEVENTH CLASS OF THE STUDENTS OF MA DAARUL ULUM MAJALENGKA: ENGLISH CONVERSATIONS ON THE STUDENTS’ COMPETENCE IN ENGLISH SPEAKING supriatna, nana
TarbiyahMU Vol. 2 No. 2 (2022): TarbiyahMu
Publisher : TarbiyahMU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This final project is about the influence of English conversations on the student's competence in speaking skills. This is action research in speaking of eleventh-grade of students of MA DAARUL ULUUM MAJALENGKA. The subject of the research was the eleventh grade of MA DAARUL ULUUM MAJALENGKA. The writer took class XI E as the sample of this research and thirty students were involved in this research. In order to achieve the objective of the research, he designed action research that consisted of a validity test, test, and also interview as the other instrument. There were five meetings during the research. An oral test and post-test were used to get the data. The purposes of this research are to know the influence of English conversations on the student's competence in English speaking, to find out the students’ mastery in English conversations and to find out the students’ mastery of their competence in English speaking at the eleventh grades of the students of MA DAARUL ULUM MAJALENGKA. The writer uses library research to collect the data and field research to find out the quantitative data by using the test as the technique. The writer computes the data by using the formula of “product moment”. The population of the research is all of the eleventh grades of students of MA DAARUL ULUM MAJALENGKA. The students who become population consist of 231 students consisting of five classes, every class consisting of 40 or 30 students. In this research, the writer takes IPS XI of the students who become respondents as a sample consisting of 30 students. The analysis of the influence of English conversation on the student's competence in English speaking is 0.74 which is categorized as “high correlation. Keywords: English Conversations, Students’ competence, Speaking
Relevansi Pendidikan Islam Muhammad Abduh dengan Pendidikan Muhammadiyah Marjuqi, Adi Irfan; Supriatna, Nana; Syarifudin, Aip
TarbiyahMU Vol. 3 No. 1 (2023): TarbiyahMu
Publisher : TarbiyahMU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tentang relevansi konsep pendidikan Islam Muhammad Abduh dengan pendidikan Muhammadiyah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian library research yang bersumber pada data-data dari buku-buku, jurnal dan artikel. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan Islam yang digagas oleh Muhammad Abduh memiliki relevansi dengan pendidikan Muhammadiyah yaitu pada sisten dan struktur lembaga pendidikan, tujuan dan metode, namun dalam aspek kurikulum belum mencapai tingkat kesamaan yang esensial, tetapi keduanya sama-sama memiliki gagasan memasukan pelajaran agama di lembaga pendidikan umum atau sebaliknya. Kata Kunci: Relevansi,Pendidikan Muhammad Abduh, Pendidikan Muhammadiyah
The Politeness Strategies in Directives Speech Acts Found in Daily Conversations among Students of Senior High School of Daarul Huda in the Academic Year of 2017/2018. supriatna, nana; Irfan Marjuqi, Adi
TarbiyahMU Vol. 3 No. 1 (2023): TarbiyahMu
Publisher : TarbiyahMU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRACT Politeness is an essential thing in communication. It helps humans to maintain good relationships among themselves. English Department students are also expected to maintain their relations by showing politeness. However, politeness seems not important since the students did not consider their hearers. This study aims to find out the kinds of Brown and Levinson’s politeness strategy among the Senior High School Daarul Huda and how they use those strategies in their daily conversations. In this study, I use Brown and Levinson’s politeness strategy because their rules serve as the most influential theory on politeness. This study uses a qualitative approach. It means the writer uses the descriptive method. The subject of this study is the Senior High School Daarul Huda in the academic year 2017/2018. The source of the data is the students’ spoken expressions which the writer transcribes into conversational texts. Together with the data, the writer observes the students’ speaking classes, comes to their classes before lecturing, and goes to their boarding houses. The writer records their conversation and transcribes all the conversations the writer gets. Then, I analyze the data based on Brown and Levinson’s politeness strategy. The result of the study is there are 166 utterances of Brown and Levinson's politeness strategy that are used by the students in their daily conversations. They are (1) a bald on-record strategy, (2) a positive politeness strategy, (3) a negative politeness strategy, (4) an off-record strategy and (5) a do not do FTA/ keep the quiet strategy. Bald on record strategy is the most strategy preferred since it is the easiest way to convey messages in communication. Yet, this strategy is not appropriate to use if the students face the elder in their communication. Come up next are the negative politeness strategy, positive politeness strategy, off-record strategy and the least is do not do FTA/ keep the quiet strategy. The writer suggests for other researchers in the future could make more complete research about politeness. The subject of the data could be taken from all levels of English Department students, so various ways of politeness strategies could be found Keywords: Politeness, Speech Act, Conversation, Qualitative Research
Model Pengembangan Kurikulum Bahasa Arab Di SMP MBS Muhammadiyah 06 Malang: Implemantasi Dan Implikasinya Pengembangan Kurikulum Nurdiana, Ryan; Ana Dewi, Siti; Setiawan, Cecef
TarbiyahMU Vol. 2 No. 1 (2022): TarbiyahMu
Publisher : TarbiyahMU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tulisan ini hendak menjelaskan dan menguraikan bagaimana konsep dan model pengembangan kurikulum mata pelajaran Bahasa Arab dan bagaimana implementasi dilapangan serta problematika yang dihadapi oleh pengajar. Penelitian ini dilakukan di SMP MBS Muhammadiyah 06 Malang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian field research. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah indeph interview sedangkan sebagai pendukung digunakan observasi dan analisis dokumen. Data yang telah terkumpul kemudian di analisis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pengembangan kurikulum di sekolah ini menggunakan model grass rott. Dimana pada sekolah ini guru sebagai penggagas ide dalam pengembangan kurikulum. Kurikulum yang ada dikembang oleh guru bahasa Arab itu sendiri dengan menyesuaikan dengan keadaan lapangan. Dalam implementasinya terdapat banyak problem yang dihadapi pengajar dalam proses pembelajarannya diantaranya banyak siswa yang masuk ke sekolah ini tidak mempelajari bahasa arab di sekolah dasar sebelumnya sehingga perlu mepelajarinya dari titik awal. Kemudian sekolah mengembangkan konsep lingkungan bahasa bagi kelas pesantren namun masih dalam proses perkembangan karena kelas tersebut baru angkatan pertama.