: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh modernisasi administrasi pelayanan (X1) dan komitmen pegawai (X2) terhadap kualitas pealayanan (Y) di PT. Taspen Gorontalo. Metode yang digunakan yaitu kuantitatif dengan menggunakan analisis regresi berganda. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner angket. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 42 orang pegawai, karena kurang dari 100 maka keseluruhan populasi diambil menjadi sampel penelitian. Teknik analisis data menggunakan uji validitas instrument, uji reliabilitas instrument, uji normalitas data, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, uji koefisiensien korelasi, uji koefisiensien determinasi, uji parsial (uji t) dan uji simultan (uji F). Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial modernisasi administrasi pelayanan berpengaruh postif terhadap kualitas pelayanan dengan hasi uji t (7,580 1.988). Selain itu, secara parsial komitmen pegawai berpengaruh postif terhadap kualitas pelayanan dengan hasi uji t (7,737 1.988). Sementara itu secara simultan modernisasi administrasi pelayanan dan komitmen pegawai secara bersama-sama berpengaruh postif terhadap kualitas pelayanan dengan hasi uji F (72,752 3,232). Sedangkan besar pengaruh modernisasi administrasi pelayanan dan komitmen pegawai terhadap kualitas pelayanan di PT Taspen Gorontalo diperoleh nilai R Square sebesar 0.789 atau 7.89%, sementara sisanya 21.1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini seperti kompetensi, kinerja pegawai, pengalaman kerja dan lain sebagainya.
Copyrights © 2024