JAMBURA: JURNAL ILMIAH MANAJEMEN DAN BISNIS
Vol 7, No 1 (2024): JIMB - VOLUME 7 NOMOR 1 MEI 2024

Pengaruh Modernisasi Administrasi Pelayanan dan Komitmen Pegawai Terhadap Kualitas Pelayanan di PT. TASPEN Gorontalo

Marsella Putria Moobonggu (Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Gorontalo)
Heldy Vanni Alam (Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Gorontalo)
Robiyati Podungge (Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Gorontalo)



Article Info

Publish Date
04 May 2024

Abstract

: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh modernisasi administrasi pelayanan (X1) dan komitmen pegawai (X2) terhadap kualitas pealayanan (Y) di PT. Taspen Gorontalo. Metode yang digunakan yaitu kuantitatif dengan menggunakan analisis regresi berganda. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner angket. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 42 orang pegawai, karena kurang dari 100 maka keseluruhan populasi diambil menjadi sampel penelitian. Teknik analisis data menggunakan uji validitas instrument, uji reliabilitas instrument, uji normalitas data, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, uji koefisiensien korelasi, uji koefisiensien determinasi, uji parsial (uji t) dan uji simultan (uji F). Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial modernisasi administrasi pelayanan berpengaruh postif terhadap kualitas pelayanan dengan hasi uji t (7,580 1.988). Selain itu, secara parsial komitmen pegawai berpengaruh postif terhadap kualitas pelayanan dengan hasi uji t (7,737 1.988). Sementara itu secara simultan modernisasi administrasi pelayanan dan komitmen pegawai secara bersama-sama berpengaruh postif terhadap kualitas pelayanan dengan hasi uji F (72,752 3,232). Sedangkan besar pengaruh modernisasi administrasi pelayanan dan komitmen pegawai terhadap kualitas pelayanan di PT Taspen Gorontalo diperoleh nilai R Square sebesar 0.789 atau 7.89%, sementara sisanya 21.1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini seperti kompetensi, kinerja pegawai, pengalaman kerja dan lain sebagainya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JIMB

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis Dirilis Pada Tahun 2018 dan akan terbit tiga kali setiap tahunnya yakni periode Mei, September, Januari. Memuat tulisan tentang hasil penelitian, literature review, dan kajian-kajian di bidang manajemen yaitu (manajemen SDM, manajemen keuangan, manajemen pemasaran, ...