Tujuan peenelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Think Pair Share terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran tematik kelas V SD Negeri 122365 Pematangsiantar. Peneliti memilih model pembelajaran Think Pair Share karena siswa diberikan kesempatan untuk membentuk pengetahuannya sendiri sehingga siswa tidak hanya menerima pengetahuan dari guru, melainkan dari teman sebaya atau buku sumber yang terkait..Pada penelitian ini, peneliti menggunakan jenis penelitian eksperimen dengan menggunakan desain penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Hasil yang diperoleh dari uji-t diperoleh nilai yaitu 20,979. Dengan frekuensi (db) sebesar 30 – 2 = 28, pada taraf signifikan 5% diperoleh yaitu 0,169. Maka diperoleh > atau 20,979 > 0,169 maka ditolak dan diterima, yang berarti bahwa hipotesis dalam penelitian ini diterima yakni ada hubungan positif antara model pembelajaran Think Pair Share terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Tematik kelas V di SD Negeri 122365 Pematangsiantar.
Copyrights © 2023