Pande Nami Jurnal (PNJ)
Vol. 1 No. 1 (2023): PNJ : Vol. 1 - No. 1 - JULI 2023

HUBUNGAN FASILITAS BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PADA SUB TEMA 2 KEBERSAMAAN DALAM KEBERAGAMAN SISWA KELAS IV SD NEGERI 122365 PEMATANG SIANTAR

Rosa Dina Sidabutar (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Program Studi PGSD)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2023

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan antara fasilitas belajar siswa dengan hasil belajar tematik siswa kelas IV SD Negeri 122365 Pematangsiantar Tahun Ajaran 2022/ 2023. Adapun jenis Metode penelitian ini yaitu metode kuantitatif dengan desain penelitian korelasional. Sampel yang di ambil pada penelitian ini yaitu 24 orang dari siswa kelas IV. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan angket (kuisioner) dan Nilai ulangan harian yang bersumber dari daftar kumpulan nilai (DKN). Hasil analisis data dalam penelitian ini menggunakan program SPSS 25 (Statistical Product and Service Solution). Berdasarkan hasil uji f diketahui nilai singnifikan untuk pengaruh variabel (x) secara simultan terhadap (y) adalah sebesar 0,00<0,05 dan nilai f hitung 12,346 >4,30 sehingga dapat disimpulkan bahwa uji hipotesis di terima yang berarti terdapat hubungan variabel (x) secara simultan terhadap variabel (y). Serta pada analisis korelasi nilai r hitung yang diperoleh yaitu 0,60 sedangkan r tabel pada taraf signifikan 5% 0,40. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa r hitung lebih besar dari pada r tabel. Maka Ha diterima dan Ho ditolak sehingga dapat terbukti kebenarannya. Dengan demikian dapat disimpukan bahwa terdapat Hubungan sebesar 0,60 antara fasilitas belajar dengan hasil belajar tematik siswa pada kelas IV SD Negeri 122365 Pematang Siantar Tahun Ajaran 2022/2023.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

pnj

Publisher

Subject

Education Other

Description

Pande Nami Jurnal (PNJ) adalah jurnal yang memuat artikel-artikel dalam bidang pendidikan dasar, kurikulum dan system pengelolaan pembelajaran di pendidikan dasar yang meliputi tematif integratif, serta kebijakan manajemen berbasis kelas di sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP), ...