Pande Nami Jurnal (PNJ)
Vol. 1 No. 2 (2023): PNJ : Vol. 1 - No. 2 - OKTOBER 2023

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA 1 SUBTEMA 1 KELAS V UPTD SD NEGERI 124386 PEMATANG SIANTAR

Meilani Sidabutar (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Program Studi PGSD)
Theresia Monika Siahaan (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Program Studi PGSD)
Mungkap Mangapul Siahaan (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris)



Article Info

Publish Date
18 Oct 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Pengaruh Model Pembelajaran Contextul Teaching and Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Tema 1 Subtema 1 Kelas V UPTD SD Negeri 124386 Pematang Siantar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian Kuantitatif. Design penelitian yang akan digunakan yaitu Eksperimen, dengan bentuk Pre-experimental Design yang menggunakan design “one group pretest posttest design” sampel pada penelitian ini yaitu siswa kelas V UPTD SD Negeri 124386 Pematang Siantar yang berjumlah 26 siswa. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini berupa test. Data di uji menggunakan analisis berbantuan SPPS Versi 24. Hasil dari pengujian hipotesis penelitian yang terdapat pengaruh signifikan pada penelitian ini dan data yang sudah diujikan dinyatakan dapat dilihat dari analisis data diperoleh hasil rata-rata kelas eksperimen pada pretest (47,76) dan posttest (85,69). Dan hasil hasil thitung sebesar 15,977 dengan taraf signifikan 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Contextul Teaching and Learning (CTL) berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada Tema 1 Subtema 1 Kelas V UPTD SD Negeri 124386 Pematang Siantar.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

pnj

Publisher

Subject

Education Other

Description

Pande Nami Jurnal (PNJ) adalah jurnal yang memuat artikel-artikel dalam bidang pendidikan dasar, kurikulum dan system pengelolaan pembelajaran di pendidikan dasar yang meliputi tematif integratif, serta kebijakan manajemen berbasis kelas di sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP), ...