Pande Nami Jurnal (PNJ)
Vol. 1 No. 2 (2023): PNJ : Vol. 1 - No. 2 - OKTOBER 2023

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SD NEGERI 12130 KOTA PEMATANG SIANTAR TAHUN AJARAN 2023/2024

Cristiyanti Novitasari Simarmata (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Program Studi PGSD)
Osco Parmonangan Sijabat (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Program Studi PGSD)
Rio Parsaoran Napitupulu (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Program Studi PGSD)



Article Info

Publish Date
20 Oct 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar siswa kelas III SD Negeri 121308 kota Pematang Siantar TA 2023/2024. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini ada 2 yaitu: (Ha) terdapat pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar siswa kelas III SD Negeri 121308 kota Pematang Siantar TA 2023/2024. (Ho) tidak terdapat pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar siswa kelas III SD Negeri 121308 kota Pematang Siantar TA 2023/2024. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September tahun ajaran 2023/2024. Metode penelitian ini adalah eksperimen dengan jenis penelitian pre-experimental design dengan desain penelitian One-Group Pretest-Posttest Design. Sampel penelitian ini adalah 25 siswa yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan dokumentasi. Data diolah menggunakan teknik analisis statistik dengan uji N-gain. Berdasarkan hasil uji hipotesis, hasil belajar siswa kelas III berdistribusi normal dengan nilai N-gain akhir sebesar 0,56 dalam kategori sedang. Nilai rata-rata pre-test sebesar 69,80, sedangkan nilai rata-rata post-test sebesar 86,60 dengan nilai signifikansi yang diperoleh sebesar 0,000 ≤ 0,05. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar siswa kelas III SD Negeri 121308 kota Pematang Siantar TA 2023/2024. Artinya Ha = diterima dan Ho = ditolak

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

pnj

Publisher

Subject

Education Other

Description

Pande Nami Jurnal (PNJ) adalah jurnal yang memuat artikel-artikel dalam bidang pendidikan dasar, kurikulum dan system pengelolaan pembelajaran di pendidikan dasar yang meliputi tematif integratif, serta kebijakan manajemen berbasis kelas di sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP), ...