Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Inkuiri terhadap hasil belajar siswa pada subtema 3 lingkungan dan manfaatnya kelas V SD Negeri 121308 Pematangsiantar. Ada 2 hipotesis dalam penelitian ini yaitu: (Ha) terdapat pengaruh model pembelajaran Inkuiri terhadap hasil belajar siswa pada subtema 3 lingkungan dan manfaatnya kelas V SD Negeri 121308 Pematangsiantar. (Ho) tidak terdapat pengaruh model pembelajaran Inkuiri terhadap hasil belajar siswa pada subtema 3 lingkungan dan manfaatnya kelas V SD Negeri 121308 Pematangsiantar. Penelitian ini dilaksanakan pada tahun ajaran 2023/2024 di bulan September. Metode penelitian ini adalah eksperimen dengan jenis penelitian pre-experimental design dengan desain penelitian One-Group Pretest-Posttest Design. Sampel penelitian ini yaitu 37 siswa yang terdiri dari 19 siswa laki-laki dan 28 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan dokumentasi. Data diolah menggunakan teknik analisis statistik uji N-Gain. Berdasarkan hasil uji hipotesis yang diperoleh hasil belajar siswa kelas V berdistribusi normal dengan nilai akhir N-Gain score 0,57 dengan kategori sedang. Nilai rata-rata Pretest yakni 53,86 sedangkan untuk nilai rata-rata Posttest yaitu 81.00 dengan nilai signifikansi yang diperoleh adalah 0,000 ≤ 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh model pembelajaran Inkuiri terhadap hasil belajar siswa pada subtema 3 lingkungan dan manfaatnya kelas V SD Negeri 121308 Pematangsiantar. Artinya Ha = diterima dan Ho = ditolak.
Copyrights © 2023