Pande Nami Jurnal (PNJ)
Vol. 1 No. 2 (2023): PNJ : Vol. 1 - No. 2 - OKTOBER 2023

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA 3 LINGKUNGAN DAN MANFAATNYA KELAS V SD NEGERI 121308 PEMATANGSIANTAR

Seri Ulina Purba (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Program Studi PGSD)
Nancy Angelia Purba (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Program Studi PGSD)
Febri Yanti (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar)



Article Info

Publish Date
21 Oct 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Inkuiri terhadap hasil belajar siswa pada subtema 3 lingkungan dan manfaatnya kelas V SD Negeri 121308 Pematangsiantar. Ada 2 hipotesis dalam penelitian ini yaitu: (Ha) terdapat pengaruh model pembelajaran Inkuiri terhadap hasil belajar siswa pada subtema 3 lingkungan dan manfaatnya kelas V SD Negeri 121308 Pematangsiantar. (Ho) tidak terdapat pengaruh model pembelajaran Inkuiri terhadap hasil belajar siswa pada subtema 3 lingkungan dan manfaatnya kelas V SD Negeri 121308 Pematangsiantar. Penelitian ini dilaksanakan pada tahun ajaran 2023/2024 di bulan September. Metode penelitian ini adalah eksperimen dengan jenis penelitian pre-experimental design dengan desain penelitian One-Group Pretest-Posttest Design. Sampel penelitian ini yaitu 37 siswa yang terdiri dari 19 siswa laki-laki dan 28 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan dokumentasi. Data diolah menggunakan teknik analisis statistik uji N-Gain. Berdasarkan hasil uji hipotesis yang diperoleh hasil belajar siswa kelas V berdistribusi normal dengan nilai akhir N-Gain score 0,57 dengan kategori sedang. Nilai rata-rata Pretest yakni 53,86 sedangkan untuk nilai rata-rata Posttest yaitu 81.00 dengan nilai signifikansi yang diperoleh adalah 0,000 ≤ 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh model pembelajaran Inkuiri terhadap hasil belajar siswa pada subtema 3 lingkungan dan manfaatnya kelas V SD Negeri 121308 Pematangsiantar. Artinya Ha = diterima dan Ho = ditolak.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

pnj

Publisher

Subject

Education Other

Description

Pande Nami Jurnal (PNJ) adalah jurnal yang memuat artikel-artikel dalam bidang pendidikan dasar, kurikulum dan system pengelolaan pembelajaran di pendidikan dasar yang meliputi tematif integratif, serta kebijakan manajemen berbasis kelas di sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP), ...