Pande Nami Jurnal (PNJ)
Vol. 1 No. 2 (2023): PNJ : Vol. 1 - No. 2 - OKTOBER 2023

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GALLERY WALK TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PKN SISWA KELAS V UPTD SD NEGERI 121238

Putri Hutabarat (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Program Studi PGSD)
Muktar B. Panjaitan (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Program Studi Pendidikan IPA)
Hetdy Sitio (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Program Studi PGSD)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2023

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui: Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe gallery walk terhadap hasil belajar pada mata pelajaran pkn siswa kelas V SD Negeri 121248 Pematang Siantar. Peneliti memilih Model Galery Walk karena media ini menuntut peserta didik untuk lebih aktif dalam membangun pengetahuan mereka dengan cara memberikan peserta didik kesempatan untuk memecahkan sebuah masalah dengan berupa gambar. Model ini juga menekankan aktivitas siswa dalam menemukan konsep-konsep yang dipelajari dan pendidik hanya sebagai fasilitator. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan jenis penelitian pre-eksperimental dengan menggunakan desain one group pretest-posttest design. Setelah peneliti melakukan pengujian Pretest, kemudian peneliti melakukan eksperimen menggunakan Model gallery walk. Selanjutnya hasil analisis data pada pretest dan posttest kelas V UPTD SD Negeri 121248 Pematang Siantar dengan jumlah siswa 30 orang. Sebelum diberikan perlakuan hasil nilai rata-rata pretestberjumlah 46.83 nilai tertinggi berjumlah 75 dan nilai terendah berjumlah 20. Sedangkan setelah dilakukan perlakuan dengan menggunakan Media Interaktif Animasi nilai rata-rata posttest berjumlah 83,13 nilai tertinggi berjumlah 100 dan nilai terendah berjumlah 60. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKN kelas V SD Negeri 121248 Pematang Siantar T.A 2023/2024.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

pnj

Publisher

Subject

Education Other

Description

Pande Nami Jurnal (PNJ) adalah jurnal yang memuat artikel-artikel dalam bidang pendidikan dasar, kurikulum dan system pengelolaan pembelajaran di pendidikan dasar yang meliputi tematif integratif, serta kebijakan manajemen berbasis kelas di sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP), ...