Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran STAD terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 173498 Tarabintang. Manfaat penelitian ini dapat mengembangkan dan menambah wawasan mengenai model pembelajaran STAD terhadap hasil belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatakan kuantitatif dengan design penelitian one group pretest-posttest desain. Dalam penelitian ini jumlah populasi adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 173498 Tarabintang dengan jumlah 30 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh dengan teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Tahap uji analisis data meliputi uji normalitas, homogenitas, dan N-gain. Dalam proses perhitungan menggunakan proses perhitungan dengan bantuan program SPSS 21 for windows. Berdasarkan hasil uji independen sample test menunjukkan bahwa nilai taraf signifikan 0,000 < 0,05 dengan thitung > ttabel, dimana 0,0200 > 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima artinya terdapat pengaruh model pembelajaran STAD terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 173498 Tarabintang pada tema 2 selalu berhemat energi subtema 1 sumber energi pembelajaran 1,2, dan 3.
Copyrights © 2023