Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa SD Negeri Tanjung Rahu Kabupaten Pakpak Bharat. Jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian menggunakan metode eksperimen bentuk Pre-Experiment Design yang menggunakan desain “One Group Pretest Posttest Design” tanpa adanya kelas pembanding. Sampel pada penelitian yaitu siswa kelas IV SD Negeri Tanjung Rahu Kabupaten Pakpak Bharat yang berjumlah 23 siswa dengan teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling (sampel total). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes berupa dialog. Hasil analisis data diperoleh hasil rata-rata pada pretest (48,04) dan posttest (82,17). Hasil penelitian pada taraf 0,05 berdasarkan analisis data nilai pretest dan posttest menunjukkan bahwa nilai sig (2-tailed) 0,00 < 0,05, diperoleh > atau 8,929 > 1,717 dimana ditolak dan diterima. Sehingga dapat disimpulkan, bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran role playing terhadap keterampilan berbicara siswa kelas IV SD Negeri Tanjung Rahu Kabupaten Pakpak Bharat T.A 2023/2024.
Copyrights © 2024