Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar siswa pada pelajaran matematika di kelas V SD Negeri 030288 Sidikalang Kabupaten Dairi Tahun Ajaran 2023/2024. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada pelajaran matematika pada materi pokok penjumlahan dan pengurangan pecahan.Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus, dimana setiap satu siklus dilakukan dua kali pertemuan dan masing-masing pertemuan selama 35 menit. Dalam setiap siklus akan diberikan lembar observasi, dan diberikan angket pada kondisi awal dan akhir siklus dua untuk mengukur tingkat motivasi belajar siswa. Dari hasil observasi yang dilakukan pada 23 orang siswa mulai dari pertemuan awal hingga akhir diperoleh hasil yang meningkat dari setiap siswa. Pada siklus I pertemuan I sebanyak 6 orang siswa (26,08%) termotivasi, daan 17 orang siswa (73,39%) belum termotivasi. Pada siklu I pertemuan II, sebanyak 11 orang siswa (47,83%) termotivasi dan 12 orang siswa (52,17%) belum termotivasi. Pada siklus II pertemuan I menunjukkan 18 orang siswa (78,27%) termotivasi, 5 orang siswa (21,73%) belum termotivasi. Siklus II pertemuan II menunjukkan 21 orang siswa (91,31%) termotivasi dan 2 orang siswa (8,69%) belum termotivasi. Dari hasil angket pada kondisi awal menunjukkan 6 orang siswa (26,08%) termotivasi, dan 17 orang siswa (73,39%) belum termotivasi. Pada kondisi akhir siklus II menunjukkan 21 orang siswa (91,31%) termotivasi dan 2 orang siswa (8,69%) belum termotivasi. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan pendekatan saintifik dapat meningkatkan motivasi belajar siswa di kelas V SD Negeri 030288 Sidikalang Kabupaten Dairi Tahun Ajaran 2023/2024.
Copyrights © 2024