Pande Nami Jurnal (PNJ)
Vol. 2 No. 2 (2024): PNJ: Vol. 2 - No. 2 - APRIL 2024

PENERAPAN METODE PEMECAHAN MASALAH PADA POKOK BAHASAN ARITMATIKA SOSIAL DI KELAS VII SMP NEGERI 1 LIMAPULUH

Martha Juniaty Simanjuntak (Universitas HKBP Nommensen Medan, Program Studi Pendidikan Matematika)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2024

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana meningkatkan minat belajar siswa dengan menggunakan metode pemecahan masalah pada pokok bahasan aritmatika sosial di kelas VII SMP Negeri 1 Limapuluh? (2) Apakah ada peningkatan hasil belajar matematika dalam pokok bahasan aritmatika sosial di Kelas VII SMP Negeri 1 Limapuluh dengan menggunakan metode pemecahan masalah? Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-A SMP Negeri 1 Limapuluh yang berjumlah 37 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pemecahan masalah: 1) dapat meningkatkan partisipasi dan keaktifan siswa dimana jawabanya ditemukan dari perubahan yang diamati dalam kelas, 2) meningkatkan hasil belajar yang ditunjukkan pada rataan dan persentase siswa yang bernilai lulus dengan menganggap 60 adalah nilai lulus, yaitu rataan putaran I = 52,03 dan siswa yang bernilai lulus sebanyak 21,62%, putaran II = 61,89 dan siswa yang bernilai lulus sebanyak 70,27%, putaran III = 67,43 dan siswa yang bernilai lulus sebanyak 86,49%, 3) menghasilkan model pembelajaran yang lebih efektif. Peneliti merancang program pembelajaran, dilaksanakan di kelas dengan pengamatan dan tes, melakukan refleksi sebagai bahan dasar untuk rancangan pembelajaran berikutnya. Penelitian di laksanakan dengan tiga putaran, dimana selama dalam penelitian setiap putaran mengandung sejenis mode tindakan, mode tindakan yang semakin diperbaharui, terdiri dari tiga putaran. Penelitian ini menunjukkan bahwa metode pemecahan masalah berhasil mengubah perilaku pasif menjadi aktif yaitu pada pelaksanaan putaran I hingga putaran III siswa-siswa semakin aktif dalam pokok bahasan aritmatika sosial, meningkatkan prestasi yang dicirikan dari skor metode pemecahan masalah yang kompetitif. Dengan penelitian selama tiga putaran dapat dirancang model pemecahan masalah dalam pembelajaran aritmatika sosial di kelas VII-A SMP Negeri 1 Limapuluh yang bersifat kompetitif. Perlu dilakukan penelitian yang berkesinambungan untuk memperbaiki kwalitas pembelajaran hingga dapat menemukan model pembelajaran yang akurat dan memberikan hasil yang maksimal.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pnj

Publisher

Subject

Education Other

Description

Pande Nami Jurnal (PNJ) adalah jurnal yang memuat artikel-artikel dalam bidang pendidikan dasar, kurikulum dan system pengelolaan pembelajaran di pendidikan dasar yang meliputi tematif integratif, serta kebijakan manajemen berbasis kelas di sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP), ...