Proses belajar mengajar matematika yang terjadi di sekolah diharapkan dapat berlangsung secara aktif. Sehingga perlu dicari jalan bagaimana cara mengelola belajar matematika sehingga matematika mudah dimengerti dengan baik oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pembelajaran Menggunakan Metode Permainan Dengan Pendekatan Kooperatif Pada Siswa Kelas II SD Negeri 173657 Sihiong Tahun Ajaran 2021/2022. Rancangan penelitian ini menggunakan ”one group post test design. Dari hasil penelitian ternyata dalam melakukan suatu tindakan baru tidak dapat langsung memberikan hasil yang diharapkan, tetapi harus melalui masa peralihan dimana terjadi proses membiasakan hingga terbiasa dan akhirnya menunjukkan perubahan hasil yang paling tidak melengkapi kesempurnaan pencapaian tujuan. Penelitian menunjukkan bahwa Ketuntasan belajar siswa dengan menerapkan metode permainan dengan pendekatan kooperatif pada sub pokok bahasan penjumlahan tercapai dengan ketuntasan secara klasikal 87,5%. Ketuntasan indikator pencapaian hasil belajar sudah memenuhi kriteria ketuntasan. Hasil observasi pengamatan aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran sangat baik sekali. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan metode permainan dengan pendekatan kooperatif pada sub pokok bahasan penjumlahan siswa kelas II SD Negeri 173657 Sihiong Tahun Ajaran 2021/2022 memenuhi kriteria keefektifan pembelajaran.
Copyrights © 2024