Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan yang positif dan berarti dari kecerdasan intelektual dan kecerdasan emosional dengan prestasi belajar IPAS siswa kelas V SD Negeri 122358 Pematangsiantar Tahun Ajaran 2022/2023. Metode penelitian yang digunakan adalah metode korelasional. Sampel penelitian adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 122358 Pematangsiantar yang berjumlah 30 orang. Instrumen pengumpul data variabel kecerdasan intelektual menggunakan tes IQ, variabel kecerdasan emosional menggunakan angket, dan variabel prestasi belajar matematika menggunakan tes pilihan ganda. Hasil uji coba instrumen menunjukkan bahwa angket dan tes adalah valid dan tingkat reliabilitas kecerdasan emosional adalah 0,822, dan prestasi belajar IPAS adalah 0,712. untuk melihat normalitas data digunakan uji liliefors. Hasil perhitungan persamaan regresi Y atas X1 diperoleh persamaan . Hal tersebut berarti semakin tinggi kecerdasan intelektual, maka prestasi belajar IPAS semakin baik. Hasil perhitungan persamaan regresi Y atas X2 diperoleh persamaan . Hal tersebut berarti semakin tinggi kecerdasan emosional, maka prestasi belajar IPAS semakin baik. Hasil perhitungan persamaan regresi ganda Y atas X1 dan X2 diperoleh persamaan . Hal tersebut berarti tinggi kecerdasan intelektual dan kecerdasan emosional, maka prestasi belajar IPAS yang diperoleh semakin baik. Dengan menggunakan rumus didapat bahwa rhitung = 0,623 dan rtabel = 0,220. Sehingga rhitung = 0,623 > rtabel = 0,220. Artinya terdapat hubungan yang positif dan berarti antara kecerdasan intelektual (X1) dan kecerdasan emosional (X2) dengan prestasi belajar IPAS (Y). Dari hasil uji hipotesis dengan uji t diperoleh thitung = 6,987 dan ttabel = 1,994. sehingga thitung = 6,987 > ttabel = 1,994, sehingga Ha diterima yang artinya terdapat hubungan yang positif dan berarti antara kecerdasan intelektual (X1) kecerdasan emosional (X2) dengan prestasi belajar IPAS (Y).
Copyrights © 2024