Pande Nami Jurnal (PNJ)
Vol. 2 No. 2 (2024): PNJ: Vol. 2 - No. 2 - APRIL 2024

PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA YANG DIAJAR DENGAN METODE PROBLEM POSING DENGAN METODE EKSPOSITORI DI KELAS VII SMP NEGERI 3 PEMATANGSIANTAR

Erika Yusnita Damanik (Universitas Negeri Medan, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2024

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menentukan hasil belajar siswa yang menggunakan metode problem posing dengan metode ekspositori pada pokok bahasan operasi hitung bentuk aljabar di kelas VII SMP Negeri 3 Pematangsiantar Tahun Ajaran 2021/2022. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII SMP Negeri 3 Pematangsiantar. Sedangkan yang menjadi sampel dalam dalam penelitian ini ada 2 kelas yang terdiri dari kelas VII3 sebanyak 39 orang dan kelas VII4 sebanyak 40 orang. Untuk memperoleh data tentang perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan metode problem posing dengan yang menggunakan metode ekspositori digunakan tes prestasi. Untuk mengetahui apakah data berasal dari populasi data yang bervarians sama atau berbeda maka digunakan uji homogenitas . Jika dk pembilang 38 dan pembilang 39, ternyata diperoleh Fhitung lebih kecil dari Ftabel (1.06911<1.715) sehingga dengan demikian data yang menggunakan metode problem posing dan menggunakan metode ekspositori adalah homogen. Untuk mengetahui ada tidaknya perbandingan hasil belajar yang menggunakan metode problem posing dan menggunakan metode ekspositori digunakan uji student (t). Jika dk = 77, ternyata diperoleh thit lebih besar dari ttabel (4.55585 < 1.99). Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan oleh peneliti maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa pada pokok bahasan operasi hitung bentuk aljabar lebih baik dengan menggunakan metode problem posing. Hal ini dapat dilihat dari hasil rata-rata, simpangan baku dan varians yang diperoleh oleh kelas VII3 SMP (eksperimen ) yaitu = 14,282; S = 2,11447; S2 = 4,471, dengan rentangan skor antara 0 – 20. Hasil belajar siswa pada pokok bahasan operasi hitung bentuk aljabar kurang baik dengan menggunakan metode diskusi. Hal ini dapat dilihat dari hasil rata-rata, simpangan baku dan varians yang diperoleh oleh kelas VII4 SMP (kontrol) yaitu = 12,15; S = 2,04501; S2 = 4,18205, dengan rentangan skor antara 0 – 20. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan metode problem posing dengan metode ekspositori pada pokok bahasan operasi hitung bentuk aljabar di kelas VII SMP Negeri 3 Pematangsiantar T.A 2021/2022.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pnj

Publisher

Subject

Education Other

Description

Pande Nami Jurnal (PNJ) adalah jurnal yang memuat artikel-artikel dalam bidang pendidikan dasar, kurikulum dan system pengelolaan pembelajaran di pendidikan dasar yang meliputi tematif integratif, serta kebijakan manajemen berbasis kelas di sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP), ...