Pendekatan penilaian berbasis kelas ini merupakan nama lain dari penilaian otentik, yang mana landasan teoritis penilaian berbasis kelas terangkum dalam pengembangan penilaian otentik. Penilaian berbasis kelas merupakan pendekatan penilaian yang lebih menitikberatkan pada penilaian yang sebenarnya. Permasalahan dalam penelitian ini adalah tentang tingkat pemahaman guru-guru IPS terhadap penilaian kelas di SD Negeri 122358 Pematangsiantar Tahun Ajaran 2022/2023. Populasi dalam penelitian ini adalah guru-guru IPS yang ada di SD Negeri 122358 Pematangsiantar. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi dan metode angket atau kuesioner. Data yang diperoleh menggunakan analisis deskriptif persentase. Dari hasil analisis persentase dapat diketahui bahwa pemahaman guru IPS terhadap penilaian berbasis kelas mencakup konsep dasar penilaian otentik, konsep dasar penilaian portofolio dan penerapan penilaian berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan adalah baik (76,02%). Saran yang dapat dikemukakan dalam penelitian ini adalah bahwa guru-guru IPS agar lebih memahami konsep penilaian portofolio, agar lebih paham terhadap konsep dan cara penerapannya serta sekolah juga berperan dalam proses pemberian ijin mengikuti kegiatan penataran tentang RPP.
Copyrights © 2024