JAMBURA: JURNAL ILMIAH MANAJEMEN DAN BISNIS
Vol 7, No 1 (2024): JIMB - VOLUME 7 NOMOR 1 MEI 2024

Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Penetapan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Pada RM. Wong Solo, Jl. Panjaitan Kota Gorontalo)

Chelsy Olivia Aneta (Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Gorontalo)
Tineke Wolok (Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Gorontalo)
Ramlan Amir Isa (Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Gorontalo)



Article Info

Publish Date
04 May 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar Kualitas Pelayanan dan Penetapan Harga berpengaruh terhadap Kepuasan Konsumen secara parsial dan simultan. Penelitian ini menggunakan 96 sampel pelanggan RM Wong Solo di Kota Gorontalo. Metode sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik sampel non probability sampling dan jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji parsial dan uji simultan. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial Kualitas Pelayanan berpengaruh terhadap Kepuasan Konsumen ditunjukan dengan nilai t hitung 2,9291,661, sedangkan Penetapan Harga berpengaruh terhadap Kepuasan Konsumen dengan nilai r hitung 3,7081,661. Sedaangkan hasil penelitian uji F menunjukan F hitung 24,277 F tabel 3,94 dengan taraf signifikan 0,05. Artinya Kualitas Pelayanan dan Penetapan Harga secara simultan mempengaruhi Kepuasan Konsumen Pada RM Wong Solo di Kota Gorontalo. Nilai R Square dalam penelitian ini adalah variabel Kualitas Pelayanan dan Penetapan Harga dalam menjelaskan variabel Kepuasan Konsumen sebesar 0,429 atau 42,9% masuk kategori sedang, 57,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini seperti variabel Promosi, Harga Pokok, Kualitas Produk, dan Kepuasan Pelanggan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JIMB

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis Dirilis Pada Tahun 2018 dan akan terbit tiga kali setiap tahunnya yakni periode Mei, September, Januari. Memuat tulisan tentang hasil penelitian, literature review, dan kajian-kajian di bidang manajemen yaitu (manajemen SDM, manajemen keuangan, manajemen pemasaran, ...