Seiring dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat dan disertai dengan kehadiran banyak media baru dalam industri penyiaran, radio memiliki tantangan untuk tetap mempertahankan eksistensinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana upaya dan strategi yang dilakukan manajemen radio Sahara FM di era persaingan media penyiaran. termasuk jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dalam penelitian ini terdiri dari data primer dan sekunder. Metode Pengumpulan data penelitian ini meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan model interaktif Miles dan Huberman melalui redukasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini adalah bahwa Manajemen radio Sahara FM melakukan berbagai upaya dan strategi di era persaingan media dengan mengenali sasaran komunikasi yang menjadi pendengar sesuai dengan letak geografis masyarakat di wilayah pesisir pantura yang mayoritas menyakai lagu dangdut. Radio Sahara FM juga menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman dengan adaptasi teknologi melalui penggunaan aplikasi dan media sosial, memberikan sajian program acara pilihan pendengar dengan menjual attensi kepada pendengar, dan meminta penyiar memperhatikan aspek persiapan, konsep, gaya dan bahasa yang digunakan agar tetap memiliki ciri khas radio dan melestarikan budaya daerah.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023