Memasukkan informasi dari kursus sains sekolah dasar ke dalam kursus tingkat perguruan tinggi. Teknik penelitian ini dapat digambarkan sebagai eksperimen semu. Hanya kelompok post-test yang akan diparafrasekan. Kelas IV A dijadikan sebagai sampel kelas eksperimen (berjumlah 26 siswa), sedangkan kelas IVB dijadikan sebagai sampel kelas kontrol (berjumlah 28 siswa). Teknik ini menggunakan serangkaian pertanyaan pilihan ganda yang dimaksudkan untuk mengukur seberapa banyak konten yang telah diingat oleh siswa. Analisis penelitian menggunakan Independent Sample T-test. Hal ini dilakukan dengan membandingkan data posttest dari kedua kelas. Penelitian ini menunjukkan bahwa dibandingkan dengan kelompok kontrol, siswa pada kelompok eksperimen yang dihadapkan pada media poster yang berbeda menunjukkan tingkat keinginan belajar yang jauh lebih besar. Selain itu, hasil belajar kelompok eksperimen jauh lebih maju dibandingkan dengan kelompok kontrol. H0 tidak dapat dibenarkan (karena 0,000 = 0,05) dengan nilai sig yang diperoleh sebesar 0,000. Oke, keren. Fokus dan pemahaman siswa kelas 4 meningkat setelah dipaparkan media poster origami di kelas SDN Ciawi 03.
Copyrights © 2024