Penelitian ini menguji pengaruh kepemimpinan dan supervisi kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru kinerja guru dengan manajemen kinerja sebagai variabel mediasi di MadrasahAliyah Kabupaten Sorong. Melalui metode kuantitatif, penelitian ini menyebarkan kuesioner kepada 46 guru dari 5 Madrasah Aliyah di Kabupaten Sorong sebagai responden. Analisis dilakukan secara deskriptif dan pengujian hipotesis melalui Partial Least Square (PLS). Least Square (PLS). Temuan menunjukkan bahwa kepemimpinan dan supervisi kepala madrasah kepala madrasah berpengaruh positif terhadap manajemen kinerja, tetapi tidak berpengaruh langsung terhadap kinerja guru. Karena manajemen kinerja memiliki pengaruh yang pengaruh yang kuat terhadap kinerja guru, maka pengaruh kepemimpinan dan supervisi kepala madrasah akan lebih signifikan melalui mediasi manajemen kinerja. melalui mediasi manajemen kinerja. Kebaruan dari penelitian ini adalah penekanan pada model kinerja guru yang dipengaruhi oleh kepemimpinan dan supervisi kepala madrasah kepala madrasah dengan manajemen kinerja sebagai mediator. Terlepas dari keterbatasan penelitian, penelitian ini membuktikan penguatan teori terkait dengan penerapan aspek kepemimpinan, supervisi, manajemen kinerja, dan kinerja individu di sektor nirlaba, seperti sektor Pendidikan khususnya madrasah.
Copyrights © 2024