Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ)
Vol. 5 No. 2 (2024): Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ)

Analisis Kesesuaian Individu-Organisasi Dan Budaya Kerja Dalam Mengurangi Keinginan Berpindah Karyawan Generasi Z Di Lokasi Pertambangan

Wahyuniati, Feny (Unknown)
Yudanegara, Aditya (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Jul 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu sebagai analisis dan mengetahui bagaimana kesesuaian antara individu dan organisasi (person-organization) serta budaya kerja yang mendukung dapat mengurangi keinginan berpindah (turnover intention) karyawan Generasi Z di sektor pertambangan. Pada penelitian ini metode regresi berganda digunakan. Data dikumpulkan melalui survei yang melibatkan karyawan Generasi Z di berbagai perusahaan pertambangan. Variabel independen dalam penelitian ini adalah kesesuaian individu-organisasi dan budaya kerja, sementara variabel dependen adalah keinginan berpindah. Analisis regresi berganda digunakan untuk menentukan pengaruh masing-masing variabel independen terhadap variabel dependen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa baik kesesuaian individu-organisasi maupun budaya kerja yang mendukung secara signifikan mempengaruhi penurunan keinginan berpindah karyawan Generasi Z. Budaya Kerja memiliki pengaruh signifikan dan negatif terhadap Niat Berpindah, sedangkan Kesesuaian Individu-Organisasi tidak memiliki pengaruh signifikan. Temuan ini menunjukkan pentingnya perusahaan pertambangan dalam menciptakan lingkungan kerja yang sesuai dengan nilai dan kebutuhan karyawan untuk meningkatkan retensi karyawan Generasi Z.  

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

msej

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ) is published by Yayasan Pendidikan Riset dan Pengembangan Intelektual (YRPI) as an information and communication media for practitioners, researchers and academics who are interested in the field of management (Finance, Human Resource, ...