Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui lebih jelas mengenai kreativitas para guru Pendidikan Agama Islam dalam mengajar di masa pandemic covid-19, hal ini menjadi salah satu alasan peneliti untuk melakukan kajian dan penelitian secara mendalam terkait dengan kreativitas guru PAI dalam melaksanak tugas pengajaran pada masa covid-19 tersebut. Adapun metode yang digunakan dalam kegiatan penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis fenomenologis. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, obervasi dan analisis data dokumentasi, sementara sumber data dalam hal ini adalah para guru PAI yang berhasil peneliti temui di lapangan saat peneliti melakukan penelitian. Dan hasil penelitian penunjukkan bahwa guru PAI mempunyai berbagai kreativitas untuk menciptakan proses mengajar yaitu dengan mengirimkan cerita-cerita pendek dan bergambar, dengan bantuan internet, laptop, instragram, whatsApp, aplikasi zoom meeting dan lain sebagainya, dan guru PAI pun menggunakan berbagai metode agar peserta didik tidak merasa jenuh yaitu metode projectsbased learning sangat penting karena efektif diterapkan untuk para pelajar dengan membentuk kelompok belajar kecil. Metode daring adalah pembelajaran yang satu ini dilakukan secara tatap muka dengan memperhatikan zonasi dan protocol kesehatan metode ini siswa akan diajar secara bergiliran (shift model). Implikasi dari penelitian ini adalah: 1) kreativitas guru PAI semakin meningkat, 2) guru semakin giat untuk suksesnya kegiatan pembelajaran, 3) siswa ditunutu untuk lebih terampil dalam mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode yang baru.
Copyrights © 2024