Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING)
Vol 7 No 4 (2024): Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING)

Pengaruh Kualitas Pelayanan Serta Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Garden Café & Resto

Gedhy Alvinna Riesya (Universitas Telkom)
Akhmad Yunani (Universitas Telkom)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2024

Abstract

Bisnis dibidang kuliner menjadi salah satu pilihan popular yang sesertag digemari masyarakat kini. Hal ini menimbulkan persaingan ketat sehinga begitu banyaknya jumlah rumah makan yang terus meningkat setiap tahunnya. Pihak manajemen rumah makan harus siap guna kerap upgrade serta berinovasi melalui upaya meninggikan usahanya. Penelitian ini bermaksud guna memahami pengaruh dari kualitas pelayanan serta kepuasan pelanggan serta dampaknya terhadap loyalitas pelanggan. Penelitian ini ialah penelitian kuantitatif melalui penghimpunan data melalui kuesioner yang dibagikan kepada 150 responden. Teknik sampling yang dipakai ketika menentukan responden ialah purposive sampling. Sementara teknik analisis data yang dipakai ialah analisis regresi linear berganda. Hasil temuan penelitian ini menemukan kualitas pelayanan berpengaruh positif signifikan pada loyalitas pelanggan, kepuasan pelanggan juga berpengaruh posiif signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Selain itu penelitian ini juga menemukan keduanya, kualitas pelayanan serta kepuasan pelanggan berpengaruh bersama-sama ataupun melalui simultan terhadap loyalitas pelanggan.

Copyrights © 2024