Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING)
Vol 7 No 4 (2024): Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING)

Pengaruh Dimensi E-Service Quality dan E-trust Terhadap Repurchase Intention Pada Pelanggan Tokopedia di Kota Cimahi

Milah, Irvan Saeful (Unknown)
Putra, Hariyadi Triwahyu (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Aug 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana persepsi pelanggan Tokopedia Kota Cimahi terhadap aspek kualitas layanan elektronik dan kepercayaan elektronik mempengaruhi kecenderungan mereka untuk melakukan pembelian ulang. Regresi berganda, uji asumsi klasik, serta uji validitas dan reliabilitas telah dilakukan terhadap instrumen penelitian. Responden yang memiliki pengalaman e-commerce dengan Tokpedia disurvei menggunakan instrumen ini. Seratus tiga puluh lima orang mengisi survei. Instrumen data diuji dengan menggunakan SPSS versi 26, sebuah perangkat lunak untuk analisis. Berdasarkan hasil penelitian, dari semua aspek kualitas layanan elektronik—yang mencakup daya tanggap, privasi, ketersediaan sistem, efisiensi, dan pemenuhan—hanya kompensasi yang mempengaruhi keinginan untuk membeli kembali. Kemudian, e-trust sangat mempengaruhi kemungkinan pembelian kembali. Hal yang membedakan penelitian ini dengan penelitian terdahulu yakni pada penelitian ini menggunakan dimensi e-service quality dan juga memiliki perbedaan pada instrumen pernyataan, lokus penelitian, jumlah sampel, teknik penentuan sampe dan teknik analisis data. Hasil penelitian ini diharapkan bermanfaat bagi pengelola objek yang dinilai terkait dengan variabel yang sudah diteliti.

Copyrights © 2024