Tujuan penelitian untuk mengambarkan evaluasi Program Supervisi Akademik Dalam Proses Pembelajaran di PAUD. Supervisi yang dilaksanakan sebatas pemenuhan administratif tugas pokok dan fungsi kepala sekolah belum pada perbaikan dan pengembangan pada profesionalitas guru. Sehingga motivasi guru untuk meningkatkan kinerja, melakukan perbaikan dan pengembangan diri terutama dalam proses pembelajaran belum tampak secara optimal. Penelitian ini menggunakan penelitian model CSE-UCLA tertuju pada empat tahapan proses, yaitu perencanaan, proses, formatif dan sumatif, sesuai digunakan untuk mengevaluasi program pemrosesan di TK Al-Alif Desa Tokke Kecamatan Malangke Luwu Utara. Hasil supervisi akademik yang dilakuka Kepala TK Al-Alif Desa Tokke Kecamatan Malangke Luwu Utara antara lain adalah sebagai berikut: (a) Memahami konsep, pinsip, teori dasar pembelajaran kreatif, inovatif (b) Membimbing guru dalam menyusun silabus tiap bidang pengembangan (c) Membimbing guru dalam memilih dan menggunakan strategi yang dapat mengembangkan berbagai potensi siswa, (d) Membimbing guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran (e) Membimbing guru dalam mengelola serta mengembangan pengetahuan dengan TIK. 2) Supervisi akademik dengan mentoring method bisa memberikan jalan keluar terhadap masalah yang dihadapi guru selama ini dan menjadi strategi yang tepat untuk meningkatkan mutu pembelajaran. 3) Evaluasi program supervisi akademik diantanya: a) Evaluasi Konteks. b). Evaluasi Input. c) Evaluasi Proses. d) Evaluasi Produk. 4) Dampak supervisi akademik yang dilakukan oleh kepala TK dalam meningkatkan kreativitas guru diperoleh informasi bahwa: perencanaan supervisi akademik meliputi kegiatan dalam menentukan tujuan, sasaran, mengorganisasikan kegiatan dan menentukan waktu.
Copyrights © 2024