Jurnal Inspirasi Ilmu Manajemen
Vol 1 No 1 (2022): Jurnal Inspriasi Ilmu Manajemen

ANALISIS DAMPAK EXPERIENTIAL MARKETING DAN SERVICES PERFORMANCE TERHADAP REPURCHASE INTENTION MELALUI KEPUASAN PASEN

Kosasih Kosasih (Universitas Sangga Buana)
Rendi Maulana (Universitas Sangga Buana)
Widjadjanti Oetojo (Rumash Sakit Hasan Sadikin)



Article Info

Publish Date
15 Aug 2022

Abstract

Keluaran dari hasil penelitian ini ingin mendapatkan bukti empiris yang berdasarkan pengamatan peneliti hal ini penting untuk diteliti karena ingin mengetahui dampak pengalaman marketing dan kinerja pelayanan terhadap intensitas berkunjung kembali dengan kepuasan pasen sebagai varibel intervening. Objek penelitian dalam penelitian ini adalah pada Klinik Pratama Avionic Singaparna Tasikmalaya.Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif dan verifikatif melalui data kuesioner disebarkan kepada 91 orang pasen dengan menggunakan Teknik Puposive Sampling.Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa variabel experiential marketing tergolong sangat baik, sedangkan variabel service performance, kepuasan pasen dan repurchase intention pada umumnya tergolong baik. Hasil analisis verifikatif analisis jalur dengan menggunakan Structural Equation Modelling (SEM) Smart PLS ditemukan bahwa tidak terdapat pengaruh langsung yang signifikan antara variabel service performance.Kemudian dampak langsung antara experiental pemasaran terhadap berkunjung kembali berdampak positif dan siginifikan. Artinya semakin baik service performance yang diberikan klinik kepada pasen maka repurchase intention menjadi menurun, jika menginginkan service performance dapat memberikan dampak terhadap repurchase intention, maka perlu diwujudkan melalui kepuasan pasen terlebih dahulu. Apabila kepuasan pasen terpenuhi, maka repurchase intention akan terwujud.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jiim

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Inspirasi Ilmu Manajemen adalah jurnal berkala ilmiah yang diterbitkan dua kali setahun (Pebruari - Agustus) yang mempublikasikan hasil penelitian orisinal tentang Ilmu Manajemen. Jurnal ini bertujuan untuk mengembangkan konsep, teori, perspektif, paradigma, dan metodologi dalam kajian ilmu ...