cover
Contact Name
Taufik Zulfikar
Contact Email
taufikzulfikar16@gmail.com
Phone
+6281931373298
Journal Mail Official
jiim@usbypkp.ac.id
Editorial Address
Jl.. Surapati No. 189 Bandung.
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Inspirasi Ilmu Manajemen
ISSN : 29617405     EISSN : 29617995     DOI : https://doi.org/10.32897/jiim
Core Subject : Economy, Science,
Jurnal Inspirasi Ilmu Manajemen adalah jurnal berkala ilmiah yang diterbitkan dua kali setahun (Pebruari - Agustus) yang mempublikasikan hasil penelitian orisinal tentang Ilmu Manajemen. Jurnal ini bertujuan untuk mengembangkan konsep, teori, perspektif, paradigma, dan metodologi dalam kajian ilmu Manajemen Ruang lingkup Jurnal Inspirasi Ilmu Manajemen meliputi : 1. Manajemen Sumber Daya Manusia 2. Manajemen Pemasaran 3. Manajemen Keuangan 4. Manajemen Produksi 5. Manajemen Resiko 6. Manajemen Pendidikan 7. Manajemen Rumah Sakit 8. Manajemen Kesehatan Jurnal Inspirasi Ilmu Manajemen pertama kali terbit Volume 01 Nomor 01 bulan Agustus tahun 2022. Setiap naskah yang masuk ke editor Jurnal Inspirasi Ilmu Manajemen akan dinilai oleh reviewer. Proses review dilakukan secara double-blind review, artinya reviewer tidak mengetahui identitas penulis dan begitu juga penulis tidak mengetahui identitas reviewer.
Articles 49 Documents
PEMASARAN DIGITAL DAN CITRA MEREK MENINGKATKAN LOYALITAS PELANGGAN MELALUI KEPUASAN PADA PELANGGAN PRODUK FASHION Aas Kurniasih; Farida Yuliaty
Jurnal Inspirasi Ilmu Manajemen Vol 1 No 1 (2022): Jurnal Inspriasi Ilmu Manajemen
Publisher : Program Studi Magister Manajemen, Direktorat Pascasarjana, Universitas Sangga Buana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32897/jiim.2022.1.1.1640

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi Pemasaran Digital, Citra Merek, Kepuasaan Pelanggan, Loyalitas Pelanggan pada pelanggan produk Fashion online shop di kota Bandung. Metode Penelitian yang digunakan kuantitatif dengan pendekatan deskriptif verifikatif. Alat analisa yang digunakan path analysis, Penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder, Pengumpulan data melalui kuesioner skala likert 5 poin dengan mengambil  sampel sebanyak 100 orang  responden juga melalui studi literatur, teknik analisis yang dugunakan adalah analisis jalur, korelasi,  determinasi, uji t dan uji f . Hasil penelitian  menunjukan kepuasan pelanggan dapat dipengaruhi oleh pemasaran digital dan citra merek baik secara simultan maupun parsial, kepuasaan pelanggan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Pengaruh pemasaran digital  dan citra merek  berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Kepuasan pelanggan merupakan variabel mediasi antara pengaruh pemasaran digital terhadap loyalitas pelanggan, namun tidak menajdi variabel media antara pengaruh citra merek terhadap loyalitas pelanggan.
KUALITAS LAYANAN DAN MANAJEMEN KERELASIAN PELANGGAN MENCIPTAKAN KEPUASAN BERIMPLIKASI TERHADAP LOYALITAS (Studi Pada Pasien Rawat Jalan RSUD Ngimbang Kabupaten Lamongan) Purnomo Purnomo; Etty Sofia
Jurnal Inspirasi Ilmu Manajemen Vol 1 No 1 (2022): Jurnal Inspriasi Ilmu Manajemen
Publisher : Program Studi Magister Manajemen, Direktorat Pascasarjana, Universitas Sangga Buana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32897/jiim.2022.1.1.1641

Abstract

Rumah Sakit Umum Daerah Ngimbang merupakan rumah sakit tipe C yang memberikan layanan efektif dan memberikan kepuasan kepada pasien. Penelitian di RSUD Ngimbang ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kualitas layanan, manajemen kerelasian pelanggan, kepuasan pelanggan, dan loyalitas pelanggan. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif verifikatif yang bertujuan untuk menjelaskan karakteristik data atau variabel yang diujikan. Data diolah dengan program SPSS20 dan alat analisa menggunakan analisa jalur (path Analysis) untuk mengetahui hubungan antar variabel. Sampel sebanyak 120 orang responden rawat jalan di RSUD Ngimbang Lamongan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non probability dengan jenis tehnik insidental sampling dan metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dan diolah dengan menggunakan skala likert. Hasil dari penelitian menunjukan berdasarkan persepsi dari responden bahwa kepuasan dan loyalitas pelanggan pada Rumah Sakit Umum Daerah Ngimbang Lamongan dikategorikan sebagai baik. Variabel kepuasan pelanggan bukan merupakan varaibel intervening untuk pengaruh tidak langsung dari kualitas layanan terhadap loyalitas pelanggan, maupun pengaruh tidak langsung dari manajemen kerelasian pelanggan terhadap loyalitas. Hasil menunjukan keofisien determinasi yang rendah, maka variabel-variabel bebas lain yang tidak diteliti memiliki pengaruh yang lebih besar terhadap kepuasan pelanggan dan loyalitas
MOTIVASI DAN DISIPLIN MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU SERTA IMPLIKASINYA PADA KINERJA GURU DALAM PEMBELAJARAN ONLINE (Studi Pada Sekolah Yayasan Atikan Sunda Bandung) Diah Nofita Andhayany; Dety Mulyanti
Jurnal Inspirasi Ilmu Manajemen Vol 1 No 1 (2022): Jurnal Inspriasi Ilmu Manajemen
Publisher : Program Studi Magister Manajemen, Direktorat Pascasarjana, Universitas Sangga Buana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32897/jiim.2022.1.1.1642

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi dan disiplin kerja terhadap kompetensi guru serta implikasinya pada kinerja guru. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan verifikatif. Teknik pengumpulan data melalui kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru di Yayasan Atikan Sunda Bandung yang berjumlah 112 orang. Teknik sampling menggunakan proportionate stratified random sampling, dengan jumlah sampel penelitian ini adalah sebanyak 110 orang. Teknik analisis data menggunakan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel kompetensi bukan merupakan variabel intervening dimana pengaruh langsung variabel motivasi dan variabel disiplin kerja terhadap kinerja guru angka koefisiennya lebih tinggi dibanding dengan pengaruh tidak langsung. variabel motivasi dan variabel disiplin kerja berpengaruh terhadap kompetensi. Variabel motivasi, variabel disiplin kerja, dan variabel kompetensi berpengaruh terhadap kinerja guru.
Media Sosial Dan Kualitas Layanan Meningkatkan Kepuasan Pelanggan (Survei Pada Media Sosial Toko Buku Online Redaksi Loveable) Indra Siam Wahyono
Jurnal Inspirasi Ilmu Manajemen Vol 1 No 1 (2022): Jurnal Inspriasi Ilmu Manajemen
Publisher : Program Studi Magister Manajemen, Direktorat Pascasarjana, Universitas Sangga Buana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32897/jiim.2022.1.1.1643

Abstract

Penelitian dengan tema kepuasan pelanggan sudah banyak dilakukkan. Variabel yang mempengaruhi kepuasan pelanggan salah satunya adalah kualitas layanan. Di era e-marketing saat ini media sosial juga merupakan variabel yang mempengaruhi kepuasan pelanggan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji dan menganalisa hubungan media sosial dan kualitas layanan dengan kepuasan pelanggan secara simultan dan parsial. Jenis penelitian ini kuantitatif  dengan pendekatan secara deskriptif dan verifikatif. Alat analisanya yaitu regresi linear berganda dimana sampel sebanyak 100 orang dengan metode pengambilan sampel accidential sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa media sosial dan kualitas layanan berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan secara parsial maupun simultan.
PENGARUH KINERJA KERELASIAN DAN KOMUNIKASI TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN (Survei Pada Karyawan PT. X Kota Bandung) Zhafira Maylindawati
Jurnal Inspirasi Ilmu Manajemen Vol 1 No 1 (2022): Jurnal Inspriasi Ilmu Manajemen
Publisher : Program Studi Magister Manajemen, Direktorat Pascasarjana, Universitas Sangga Buana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32897/jiim.2022.1.1.1644

Abstract

Kepuasan kerja merupakan suatu keadaan dimana seorang karyawan merasa senang dalam bekerja. Kepuasan kerja dapat tercipta apabila hubungan kerja antara manager dengan karyawan dan hubungan kerja antara karyawan dengan karyawan tercipta dengan baik. Komunikasi yang merupakan bagian dari kegiatan kerja juga memegang peranan penting dalam menciptakan kepuasan kerja. Penelitian ini dilakukan pada karyawan PT. X Bandung. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan kinerja kerelasian dan komunikasi dengan kepuasan kerja karyawan baik secara partial maupun si,ultan. Metode penelitian yang digunakan secara kuantitatif dengan pendekatan analis deskriptif verifikatif. Alat analisis menggunakan linear berganda.  Sample sebanyak 83 orang dengan tehnik penentuan sample random sampling. Instrumen penelitian ini adalah menggunakan kuesioner dengan pengukuran menggunakan skala Likert dengan skor 1 sampai 5. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat di simpulkan bahwa kinerja kerelasian dan komunikasi berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja baik secara parsial maupun simultan
PENGUNGKAPAN LIKUIDITAS SAHAM, PEMBAYARAN DIVIDEN, DAN TATA KELOLA PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA Brahmanda Tahlia Putri; Irdha Yusra
Jurnal Inspirasi Ilmu Manajemen Vol 1 No 1 (2022): Jurnal Inspriasi Ilmu Manajemen
Publisher : Program Studi Magister Manajemen, Direktorat Pascasarjana, Universitas Sangga Buana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32897/jiim.2022.1.1.1645

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pengungkapan likuiditas saham terhadap pembayaran dividen dan tata kelola perusahaan pada perusahaan yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia dan menguji apakah terdapat pengaruh antara likuiditas saham dengan tata kelola perusahaan yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Purposive sampling dipakai sebagai teknik pengambilan sampel serta metode dokumentasi yang diperoleh dari laporan keuangan perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif dan tidak signifikan dari likuiditas terhadap pembayaran dividen pada perusahaan yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia. Terdapat pengaruh negative dan signifikan dari likuiditas saham terhadap tata kelola perusahaan pada perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.
ANALISIS DAMPAK EXPERIENTIAL MARKETING DAN SERVICES PERFORMANCE TERHADAP REPURCHASE INTENTION MELALUI KEPUASAN PASEN Kosasih Kosasih; Rendi Maulana; Widjadjanti Oetojo
Jurnal Inspirasi Ilmu Manajemen Vol 1 No 1 (2022): Jurnal Inspriasi Ilmu Manajemen
Publisher : Program Studi Magister Manajemen, Direktorat Pascasarjana, Universitas Sangga Buana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32897/jiim.2022.1.1.1646

Abstract

Keluaran dari hasil penelitian ini ingin mendapatkan bukti empiris yang berdasarkan pengamatan peneliti hal ini penting untuk diteliti karena ingin mengetahui dampak pengalaman marketing dan kinerja pelayanan terhadap intensitas berkunjung kembali dengan kepuasan pasen sebagai varibel intervening. Objek penelitian dalam penelitian ini adalah pada Klinik Pratama Avionic Singaparna Tasikmalaya.Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif dan verifikatif melalui data kuesioner disebarkan kepada 91 orang pasen dengan menggunakan Teknik Puposive Sampling.Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa variabel experiential marketing tergolong sangat baik, sedangkan variabel service performance, kepuasan pasen dan repurchase intention pada umumnya tergolong baik. Hasil analisis verifikatif analisis jalur dengan menggunakan Structural Equation Modelling (SEM) Smart PLS ditemukan bahwa tidak terdapat pengaruh langsung yang signifikan antara variabel service performance.Kemudian dampak langsung antara experiental pemasaran terhadap berkunjung kembali berdampak positif dan siginifikan. Artinya semakin baik service performance yang diberikan klinik kepada pasen maka repurchase intention menjadi menurun, jika menginginkan service performance dapat memberikan dampak terhadap repurchase intention, maka perlu diwujudkan melalui kepuasan pasen terlebih dahulu. Apabila kepuasan pasen terpenuhi, maka repurchase intention akan terwujud.
KURIKULUM 2013 DAN KURIKULUM MERDEKA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI JENJANG SMA Okta Anita Pouw; Dety Mulyanti
Jurnal Inspirasi Ilmu Manajemen Vol 1 No 2 (2023): Jurnal Inspirasi Ilmu Manajemen
Publisher : Program Studi Magister Manajemen, Direktorat Pascasarjana, Universitas Sangga Buana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32897/jiim.2023.1.2.2076

Abstract

Kurikulum harus fleksibel untuk memenuhi kebutuhan siswa saat ini. Kurikulum baru untuk Indonesia diberlakukan setelah beberapa kali perubahan selama bertahun-tahun. Pemerintah Indonesia telah melakukan beberapa perubahan kurikulum untuk memastikan bahwa siswa mendapatkan pendidikan yang mereka butuhkan di era digital ini. Tujuan dari artikel penelitian ini adalah untuk membandingkan kurikulum bahasa Inggris 2013 dengan kurikulum Merdeka, yang dirancang untuk membantu siswa belajar bahasa Inggris di tingkat sekolah menengah. Para peneliti melihat kerangka dasar, target kompetensi, struktur kurikulum, pembelajaran, penilaian, perangkat pengajaran, dan perangkat kurikulum. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian kualitatif, artinya memandang data dengan cara yang berbeda dengan penelitian kuantitatif. Dalam hal ini, penelitian kualitatif melihat data menggunakan perspektif, atau perspektif yang berbeda. Ini membantu membuat data lebih mudah dipahami dan, dalam beberapa kasus, bahkan menarik. Studi ini menemukan bahwa kurikulum 2013 dan kurikulum Merdeka memiliki beberapa kesamaan, tetapi juga memiliki beberapa perbedaan.
KUALITAS LAYANAN MENINGKATKAN KEPUASAN PASIEN BPJS RAWAT INAP RSUD RATU AJI PUTRI BOTUNG Sayid Arifin; Asep Effendi; Rukhiyat Syahidin; Vip Paramarta
Jurnal Inspirasi Ilmu Manajemen Vol 1 No 2 (2023): Jurnal Inspirasi Ilmu Manajemen
Publisher : Program Studi Magister Manajemen, Direktorat Pascasarjana, Universitas Sangga Buana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32897/jiim.2023.1.2.2240

Abstract

Ketatnya persaingan rumah sakit di Indonesia khususnya di Kalimantan Timur baik rumah sakit pemerintah maupun rumah sakit swasta menyebabkan kepuasan pasien menjadi prioritas utama. Layanan yang diberikan oleh rumah sakit secara prima sesuai dengan harapan mereka akan memberikan kepuasan kepada pasien. Rumah sakit baik milik pemerintah maupun swasta hendaknya dapat menilai faktor apa saja yang dapat memberikan kepuasan kepada pasien. Atas dasar hal tersebut di atas maka tujuan pada penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh kualitas layanan dengan dimensi TERRA (tangible, empathy, responsive, dan assurance) terhadap kepuasan pasien. Responden pada penelitian ini adalah pasien pengguna BPJS dengan lokasi penelitian RSUD Ratu Aji Putri Botung. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif dengan pendekatan deskriptif verifikatif. Jumlah sampel sebanyak 96 dengan teknik pengambilan sampel secara kebetulan ada dan memenuhi syarat pada suatu tempat (accidental sampling). Data penelitian diperoleh dari hasil pengisian kuesioner dengan skala likert dan dianalisis dengan menggunakan teknik analisis Path analysis dengan bantuan program SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien dimana diperoleh nilai koefisien determinasi sebesar 0,776. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa kualitas layanan mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien. Kualitas layanan semakin baik akan meningkatkan kepuasan pasien pengguna BPJS RSUD Ratu Aji Putri Botung.
ANALISIS BUDAYA ORGANISASI DAN KOMPENSASI TERHADAP KEPUASAN KERJA YANG BERIMPLIKASI PADA TURN OVER INTENTION KARYAWAN Erlik Erlik; Sri Rochani Mulyani; Widjajanti Utomo; Vip Paramarta
Jurnal Inspirasi Ilmu Manajemen Vol 1 No 2 (2023): Jurnal Inspirasi Ilmu Manajemen
Publisher : Program Studi Magister Manajemen, Direktorat Pascasarjana, Universitas Sangga Buana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32897/jiim.2023.1.2.2293

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis lebih mendalam tentang budaya organisasi, kompensasi, kepuasan kerja dan turn over intention di Rumah Sakit Bedah Mitra Sehat Lamongan. Objek penelitian dalam penelitian ini adalah karyawan Rumah Sakit Bedah Mitra Sehat Lamongan dengan sampel 89 orang karyawan Rumah Sakit Bedah Mitra Sehat Lamongan medis maupun non medis. Analisis data yang digunakan adalah analisis jalur, analisis koefisien korelasi dan analisis koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan analisis deskriptif terhadap budaya organisasi,kompensasi, kepuasan kerja melalui turn over intention , responden memiliki nilai cukup menuju kuat, terdapat pengaruh signifikan budaya organisasi terhadap kepuasan kerja, terdapat pengaruh signifikan kompensasi terhadap kepuasan kerja, terdapat pengaruh signifikan budaya organisasi dan kompensasi terhadap kepuasan kerja secara simultan dimana pengaruh budaya organisasi lebih dominan jika dibandingkan dengan pengaruh kompensasi terhadap kepuasan kerja, terdapat pengaruh signifikan kepuasan kerja terhadap turn over intention, terdapat pengaruh signifikan budaya organisasi terhadap turn over intention, dan pengaruh langsung budaya organisasi lebih dominan dibandingkan kompensasi, terdapat pengaruh signifikan kompensasi terhadap turn over intention, pengaruh tidak langsung budaya organisasi terhadap turn over intention melalui kepuasan kerja lebih dominan dibandingkan kompensasi terhadap turn over intention melalui kepuasan kerja, pengaruh tidak langsung kompensasi terhadap turn over intention melalui kepuasan kerja lebih tinggi, dibandingkan budaya organisasi.