JES-MAT (Jurnal Edukasi dan Sains Matematika)
Vol. 10 No. 1 (2024): Jurnal Edukasi dan Sains Matematika (JES-MAT)

PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS DIGITAL QUIZIZZ TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI SEKOLAH DASAR

Devinra, Devinra (Unknown)
Hadiana, Oman (Unknown)
Nasrulloh, Sofhian Fazrin (Unknown)
Fahrudin, Sutarja (Unknown)
Casnan, Casnan (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Mar 2024

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pencapaian penilaian formatif yang tercermin dari prestasi belajar siswa. Oleh karena itu, diperlukan suatu alat penilaian yang dapat berdampak positif terhadap hasil belajar siswa, salah satunya adalah penggunaan media pembelajaran digital berbasis Quizizz. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan media pembelajaran Quizizz memiliki pengaruh positif terhadap hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimental dengan desain Pretest Posttest Control Group Design. Sampel penelitian terdiri dari 24 siswa, di mana 12 siswa dari kelas V menjadi kelompok eksperimen dan 12 siswa dari kelas VI menjadi kelompok kontrol. Hasil analisis menunjukkan bahwa kedua kelompok, baik eksperimen maupun kontrol, memenuhi syarat normalitas dan homogenitas. Uji-t digunakan untuk menguji hipotesis dengan menggunakan Uji Independent Sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif hasil belajar matematika siswa dari penerapan media pembelajaran digital berbasis Quizizz pada kelompok eksperimen dibandingkan dengan kelompok kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JESMath

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Edukasi dan Sains Matematika (JES-MAT) (p-ISSN: 2460-8904, e-ISSN: 2621-4202), is an electronic journal, provides a forum for publishing the original research articles, review articles from contributors, and the novel technology news related to mathematics education. This journal is designed ...