Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan yang terkait dengan penggunaan telegram sebagai media pembelajaran dan cara pemanfaatan telegram sebagai media pembelajaran online dalam mata pelajaran menjadi tempat penelitian. Penelitian ini mengambil pendekatan fenomenologi dengan penelitian kualitatif. menggunakan observasi, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi untuk mengumpulkan data. Berdasarkan temuan penelitian ini, aplikasi telegram dimanfaatkan sebagai media penyebaran materi pelajaran, penyampaian informasi, dan evaluasi kegiatan siswa. Guru dan siswa menghadapi sejumlah tantangan saat menggunakan telegram, termasuk kurangnya sumber daya, kondisi ekonomi, kemampuan komunikasi, penguasaan teknologi pembelajaran, kemampuan berpikir kritis, dan minat belajar. Upaya mengatasi kendala tersebut antara lain: (a) membatasi pembelajaran tatap muka; b) mengatur pelatihan guru; c) membuat lembar kerja mandiri; d) meningkatkan tingkat komunikasi seseorang; dan (e) mendorong orang tua untuk berpartisipasi aktif dalam pendidikan online di rumah anak-anak mereka.
Copyrights © 2023