Pembelajaran elektronik yang juga dikenal sebagai e-learning, akan sangat membantu pelajar dalam mendapatkan bahan pelajaran dan informasi dari internet. Hal ini dapat diakses melalui berbagai platform online, salah satunya adalah website. Karena situs web belum dirancang dengan baik, banyak yang kurang menarik bagi pelajar. Salah satu komponen yang terpenting dalam membangun sebuah website adalah user interface. Tanpa perancangan dan persiapan yang matang, sebuah website mungkin tidak berfungsi dengan baik atau bahkan membuat pengguna berpindah ke website lain. Dengan menggunakan teknik metode Heuristics Evaluation, penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi desain UI yang digunakan pada situs website e-learning Universitas ‘Aisyiyah Surakarta. Metode ini memiliki 10 aspek elemen yang menentukan kualitas interaksi antarmuka. Untuk menghasilkan kesimpulan dan rekomendasi, metode ini meminta peserta mengisi kuisioner yang berisi sejumlah pertanyaan yang berkaitan dengan 10 aspek elemen UI tersebut. Dengan menggunakan metode Heurisctic Of Responsive Web Design sebagai patokan dalam pembuatan website e-learning ini, diharapkan perancangan dan tujuan website ini dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan siswa yang mencari materi pelajaran dan ingin belajar secara online. Evaluasi heuristic terhadap website e-learning Universitas 'Aisyiyah Surakarta membuka peluang untuk perbaikan desain dan fungsionalitas yang dapat meningkatkan pengalaman pengguna.
Copyrights © 2023