Indonesian Journal of Multidisciplinary on Social and Technology
Indonesian Journal of Multidisciplinary on Social and Technology dimaksudkan sebagai media kajian ilmiah hasil penelitian, pemikiran, dan kajian kritis-analitik mengenai penelitian di bidang Multidisiplin Sosial dan Teknologi. Hal ini merupakan bagian dari semangat menyebarluaskan ilmu yang dihasilkan dari penelitian dan pemikiran untuk pengabdian kepada masyarakat luas. Indonesian Journal of Multidisciplinary on Social and Technology menerbitkan makalah secara berkala tiga kali setahun, pada bulan Februari, Juni, dan Oktober. Semua publikasi di jurnal IJMST bersifat terbuka, memungkinkan artikel tersedia online secara gratis tanpa berlangganan. Indonesian Journal of Multidisciplinary on Social and Technology menerima artikel ilmiah dengan ruang lingkup penelitian pada: Ekonomi Akutansi Manajemen Ekonomi Islam Perbankan Islam Ilmu Komputer Teknik Informatika Sistem Informasi Teknologi Informasi Kewirausahaan Teknik Elektro Teknik Industri Topik kajian lain yang relevan Catatan: Artikel memiliki kutipan utama dan belum pernah dipublikasikan secara online atau cetak sebelumnya.
Articles
88 Documents
Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi Dan Pengangguran Terhadap Kemiskinan Masyarakat Di Kabupaten Pangkajene Dan Kepulauan
ADE ARISWILDANI ARIFUDDIN;
Rukmawaty Muta’al;
Hamka Amir
Indonesian Journal of Multidisciplinary on Social and Technology Vol. 1 No. 1 (2023)
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (413.632 KB)
|
DOI: 10.31004/ijmst.v1i1.53
Peneliti ini membahas Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi Dan Pengangguran terhadap Kemiskinan Masyarakat di Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan. Peneliti ini bertujuan mengungkap adanya Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi dan Pengangguran terhadap Kemisikinan Masyarakat di Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan. Jenis Penelitian menggunakan pendekatan Expost Facto. Penelitian ini dibatasi dengan menganalisis data sekunder kuantitatif pada rentang waktu 2011 sampai 2020. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variasi variabel independen menjelaskan variasi dependen di Kabupaten Pangkep sebesar 95,2% dan sisanya variasi variabel lain dijelaskan di luar model sebesar 4,8%. Sebagaimana data yang diperoleh menunjukkan bahwa hasil perhitungan korelasi antara variabel pertumbuhan ekonomi dan pengangguran dengan kemiskinan masyarakat adalah sebesar 69,828 dimana hasil perhitungan ini dikonsultasikan dengan F tabel dengan jumlah n 10 dan taraf kesalahan 5%, dengan ketentuan bila nilai F hitung lebih besar dari nilai F tabel, maka hipotesis H1 di terima dan H0 ditolak (69,828 > 4,74). Implikasi dari penelitian ini adalah pertumbuhan ekonomi dan pengangguran mengalami fluktuasi dari tahun 2011 sampai 2020 dan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemiskinan di Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan. Diharapkan pemerintah dapat menerapkan secara nyata untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan pemerintah lebih membuka lapangan kerja sehingga dapat menyerap tenaga kerja untuk mengurangi tingkat kemiskinan dan pengangguran serta meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan.
Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Toko Mulia Jaya Tondongkura Kecamatan Tondong Tallasa Kabupaten Pangkajene Dan Kepulauan
ADE ARISWILDANI ARIFUDDIN;
Rukmawaty Muta’al
Indonesian Journal of Multidisciplinary on Social and Technology Vol. 1 No. 1 (2023)
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (504.995 KB)
|
DOI: 10.31004/ijmst.v1i1.54
Penelitian ini bertujuan mengungkap adanya Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Toko Mulia Jaya Tondongkura Kecamatan Tondong Tallasa Kabupaten Pangkep, yang diurai kedalam beberapa sub permasalahan: Apakah harga berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan pada Toko Mulia Jaya Tondongkura dan apakah kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan pada Toko Mulia Jaya Tondongkura? Menjawab permasalahan yang diangkat, maka ditempuh melalui pendekatan pendekatan Asosiatif atau hubungan, sedangkan jenis penelitian yang digunakan penelitian kuantitatif. jumlah populasi sebanyak 300 orang, teknik penarikan sampel dalam penelitian menggunakan accidential sampling, dengan jumlah sampel yaitu sebagian pelanggan yang kebetulan berkunjung ke toko Mulia Jaya Tondongkura dan bertemu dengan peneliti sebanyak 75 orang. Data penelitian diambil melalui proses angket yang diperoleh selama penelitian berlangsung, sebelum angket diberikan terlebih dahulu dilakukan validasi dan reliabilitas. Selanjutnya data dianalisis kemudian menarik kesimpulan berdasarkan hasil penelitian. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa Harga (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggang (Y) di Toko Mulia Jaya Tondongkura Kecamatan Tondong Tallasa Kabupaten Pangkep. Hal ini menunjukkan bahwa variabel Harga (X1) dengan nilai signifikan sebesar 0,000, Karena berada dibawah nilai signifikansi yang diisyaratkan yaitu 0,05 semakin baik pula nilai informasi Harga (X1). Kualitas Layanan (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggang (Y) di Toko Mulia Jaya Tondongkura Kecamatan Tondong Tallasa Kabupaten Pangkep. Hal ini menunjukkan bahwa variabel Kualitas Layanan (X2) dengan nilai signifikan sebesar 0,000, Karena berada dibawah nilai signifikansi yang diisyaratkan yaitu 0,05 semakin baik pula nilai informasi Kualitas Layanan (X2).
Peranan Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Miskin
ADE ARISWILDANI ARIFUDDIN;
Rukmawaty Muta’al;
Asrul Asrul
Indonesian Journal of Multidisciplinary on Social and Technology Vol. 1 No. 1 (2023)
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (359.009 KB)
|
DOI: 10.31004/ijmst.v1i1.55
Penelitian ini membahas tentang membahas tentang Peranan Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan Dalam Meningkatakan Kesejahteraan Masyarakat Miskin. Tujuan Penelitian ini untuk memahami peranan Badan Amal Zakat dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat miskin di kabupaten pangkajene dan kepulauan. Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) merupakan Lembaga pengelolaan zakat resmi dari pemerintah yang mempunyai tugas pokok mengumpulkan dan mendayagunakan zakat sesuai ketentuan agama. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif, dan menggunkan metode pendekatan parsial dan struktural. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peranan dari Badan Amil Zakat Nasional kabupaten pangkejene dan kepulauan, lingkungan masyarakat sangat berperang penting dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat miskin baik dari segi program kerja seperti dakwah dan advokasi, ekonomi, pendidikan, kesehatan, sosial kemanusiaan. Walaupun demikian beberapa kendala yang di hadapinya. Bantuan zakat yang di berikan oleh orang-orang yang telah mencukupi hartanya dalam zakat dapat di berikan ataupun di salurkan kepada BAZNAS untuk membantu saudarah-saudarah yang kurang mampu atau miskin.
ANALISA PEMAKAIAN ALAT KESEHATAN SEKALI PAKAI DENGAN METODE AHP
Anastasia Siwi Fatma Utami
Indonesian Journal of Multidisciplinary on Social and Technology Vol. 1 No. 1 (2023)
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (630.393 KB)
|
DOI: 10.31004/ijmst.v1i1.94
Alat kesehatan merupakan barang yang sangat dibutuhkan dalam dunia medis. Pada rumah sakit, ada banyak alat kesehatan yang digunakan. Karena terlalu banyak jenis alat kesehatan yang dipakai , maka dibuatlah sebuah perbandingan untuk memilih alat kesehatan yang sering digunakan pada rumah sakit khususnya oleh perawat kamar bedah (OT). Maka dibuatlah sebuah penelitian dengan metode Analytical Hierarchy Process (AHP). AHP merupakan suatu alternatif untuk mengambil keputusan yang memiliki beberapa tujuan atau kriteria. Untuk menyelesaikan penginputan dibantu dengan aplikasi Expert Choice 11. Dari hasil pengolahan data, maka disimpulkan untuk pemakaian alat kesehatan yang sering digunakan pada rumah sakit ada beberapa faktor yang mempengaruhi yaitu kemasan, kualitas, pemakaian dan indikasi. Sedangkan alat kesehatan yang sering digunakan yaitu Pencil Couter, Grounding Plate, Jarum Suntik dan Sarung Tangan dilihat dari hasil consistency manual di ms.excel dan hasil inconsistency di expert choice. Sedangkan dilihat dari overall composit weight Pencil Couter yang paling unggul. Bedasarkan analisa untuk alat kesehatan yang sering digunakan pada rumah sakit adalah Pencil Couter dengan nilai yang sudah didapat melalui perhitungan yaitu 0,328. Maka dapat disimpulkan adanya (H0) kemudaham memilih alat kesehatan yang sering digunakan pada rumah sakit ditolak dan H1 diterima.
Pengelolaan Keuangan Sebagai Upaya Pengembangan Usaha Mantin Organizer Dikota Palu
Nurul Miftahul Jannah;
Suryadi Samudra;
Juliana Kadang;
Erwan Sastrawan Farid
Indonesian Journal of Multidisciplinary on Social and Technology Vol. 1 No. 1 (2023)
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (382.765 KB)
|
DOI: 10.31004/ijmst.v1i1.108
Mantin Organizer adalah sebuah usaha yang termasuk ke dalam industri keratif di bidang jasa. Usaha Mantin Organizer ini baru berdiri ditahun 2022 dan didirikan oleh beberapa orang untuk memenuhi permintaan masyarakat terhadap penyedia jasa Event Organizer di Kota Palu yang semakin banyak dan menjadi sebuah peluang bisnis. Dalam menjalankan sebuah usaha tentu membutuhkan pengelolaan keuangan yang baik, agar usaha tersebut dapat berkembang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengelolaan keuangan yang dilakukan pada usaha Mantin Organizer. Metode penelitian menggunakan data kualitatif. sumber data yaitu data primer. Teknik pengumpulan data melalui wawancara observasi dan dokumentasi laporan keuangan di bulan September sampai Desember. Hasil dari penelitian ini yaitu usaha Mantin Organizer yang sebelumnya tidak melakukan pengelolan keuangan secara baik dan setelah didampingi telah melakukan seperti perencaanan dalam membuat daftar harga untuk jenis event yang akan dikelola, promosi usaha, target penjualan, dan sudah melakukan pencatatan laporan modal usaha, laporan arus kas, dan laporan laba rugi.
DAMPAK PROMOSI PROGRAM KATALOG CINTA PRODUK LOKAL SIGI TERHADAP PELAKU USAHA MIKRO DI KABUPATEN SIGI
Yuni Novita;
Fera Fera;
Pricylia Chintya Dewi
Indonesian Journal of Multidisciplinary on Social and Technology Vol. 1 No. 1 (2023)
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (313.436 KB)
|
DOI: 10.31004/ijmst.v1i1.111
Promosi merupakan aktivitas penting untuk meningkatkan penjualan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Salah satu strategi promosi yang efektif untuk mempengaruhi keputusan pembelian konsumen menggunakan katalog produk, baik cetak maupun digital. Katalog tidak hanya menampilkan informasi produk namun juga mempromosikan keunggulan produk tersebut. Karenanya Pemerintah Kabupaten Sigi membuat program Katalog Cinta Produk Lokal Sigi yang bertujuan untuk meningkatkan promosi di bidang ekonomi khususnya bagi para pelaku UMKM. Metode yang digunakan dalam menganalisis masalah yang ada adalah metode kualitatif. Dampak program Katalog Cinta Produk Lokal Sigi memberikan pengaruh yang sangat baik bagi pelaku-pelaku usaha di Kabupaten Sigi, karena dengan adanya program tersebut membuat pendapatan mereka lebih meningkat dari sebelum adanya program katalog dan banyak dari kalangan-kalangan masyarakat bahkan perangkat- perangkat daerah yang mengetahui usaha mikro tersebut dari Katalog Cinta Produk Lokal Sigi.
Memperluas Jangkauan Pasar Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Pada Casa Coffee & Space
Aldo Almando Parengkuan;
Juliana Kadang;
Erwan Sastrawan
Indonesian Journal of Multidisciplinary on Social and Technology Vol. 1 No. 1 (2023)
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (459.175 KB)
|
DOI: 10.31004/ijmst.v1i1.112
Pesatnya pertumbuhan di industri jasa makanan dan minuman memicu tumbuhnya berbagai bentuk konsep baru dari bisnis salah satunya adalah bisnis kedai kopi. Salah satu kedai kopi di Palu yaitu Casa Coffee yang baru berdiri sejak Januari 2022, belum mengetahui strategi yang tepat untuk pengembangan usahanya. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan peluang pemasaran, rencana, strategi dan menentukan tujuan pemasaran melalui penerapan strategi bauran pemasaran 4P produk, harga, promosi dan tempat/distribusi. Kemudian untuk menentukan strategi keberlanjutan usaha dilakukan dengan menggunakan analisis SWOT. Hasil dari penelitian ini adalah ditemukan strategi pemasaran yang dapat diterapkan oleh Casa Coffee yaitu dengan melakukan inovasi fasilitas dan produk, meningkatkan kualitas produk, memperluas pemasaran, memberikan pelayanan yang maksimal dan memperluas pangsa pasar.
Studi Potensi Bahaya Dan Pengendalian Risiko Pada Area Penambangan Bijih Nikel Menggunakan Metode Hirarc di PT Vale Indonesian Tbk
Mila Lestari;
Firdaus Firdaus;
Andi Fahdli Heriansyah
Indonesian Journal of Multidisciplinary on Social and Technology Vol. 1 No. 2 (2023)
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (5605.465 KB)
|
DOI: 10.31004/ijmst.v1i2.118
Perusahaan pertambangan sudah membekali tingkat keamanan yang terkait dengan K3, namun masih terjadi kecelakaan kerja, penyakit akibat kerja, kebakaran, ledakan, longsoran, dan pencemaran lingkungan. Penyebab kecelakaan kerja disebabkan oleh tindakan orang yang tidak mematuhi keselamatan kerja (unsafe action) dan keadaan lingkungan atau kondisi tidak aman (unsafe condition). Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui potensi bahaya pada kegiatan penambangan dan mengetahui pengendalian resiko pada kegiatan penambangan. Penelitian ini dilaksanakan di PT Vale Indonesia Tbk yang berada di Kabupaten Luwu Timur Provinsi Sulawesi Selatan. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode HIRARC (Hazard Identification Risk Assessment and Risk Control). Pengambilan data mengenai identifikasi bahaya dan pengendalian resiko dengan analisis semi kuantitatif. Pengambilan data mengenai identifikasi bahaya dan pengendalian resiko dengan analisis semi kuantitatif. Hasil penelitian ditemukan sebanyak 14 potensi bahaya dan 2 kecelakaan. Pengendalian resiko dilakukan dengan pengendalian hirarki yang terdiri atas metode eliminasi, subtitusi, rekayasa, administratif, dan APD.
Analisis Manajemen Pelayanan Perbankan pada Aplikasi Bri Mobile berbasis TI menggunakan Framework ITIL V3
Nugraha Rachmatullah;
Tata Sutabri
Indonesian Journal of Multidisciplinary on Social and Technology Vol. 1 No. 2 (2023)
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (366.596 KB)
|
DOI: 10.31004/ijmst.v1i2.119
Penelitian ini membahas tentang analisis manajemen pelayanan perbankan pada aplikasi Brimo yang berbasis TI dengan menggunakan framework ITIL 3. Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas layanan perbankan pada aplikasi Brimo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi framework ITIL 3 pada aplikasi Brimo dapat meningkatkan manajemen pelayanan perbankan dengan penggunaan ITIL 3 Service Management Lifecycle yang meliputi strategi layanan, desain layanan, transisi layanan, operasi layanan, dan pemantauan layanan. Dengan demikian, penggunaan framework ITIL 3 dapat membantu bank dalam mengelola dan meningkatkan kualitas layanan pada aplikasi Brimo
Analisis Standard Operating Procedure (SOP) Manajemen Insiden Menggunakan Framework ITIL V3 dengan Metode Analisis Gap Layanan Pada PT Lingkaran Sistem Intelektual
Padel Mohammad Agam Padel;
Tata Sutabri
Indonesian Journal of Multidisciplinary on Social and Technology Vol. 1 No. 2 (2023)
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (485.884 KB)
|
DOI: 10.31004/ijmst.v1i2.121
Perkembangan teknologi yang semakin pesat dalam setiap sektor kehidupan saat ini, salah satunya pada penerapan layanan berbasis IT di perusahaan PT Lingkaran Sistem Intelektual telah mengimplementasikan layanan berbasis TI melalui penyediaan website yang mendukung proses pemberian layanan terhadap pengaduan kebijakan dan pelaporan layanan dengan disediakan aplikasi berbasis website yang dapat mendukung pekerjaan berupa pengaduan dari permasalahan internal hingga konsumen. Dengan penerapan layanan berbasis TI, perusahaan dituntut untuk mampu memenuhi kebutuhan regulasi dan standar pengamanan teknologi informasi untuk dapat mengatur penggunaan teknologi informasi, seperti kebutuhan privasi data, standar keamanan, dan standar kualitas pada saat terjadi insiden. Sementara itu, belum ada SOP yang mengatur penanganan insiden, khususnya yang berkaitan dengan data dan informasi. Dengan demikian, PT Lingkaran Sistem Intelektual perlu menerapkan manajemen insiden untuk meminimalisir kesalahan yang dapat terjadi. Salah satu pedoman manajemen insiden standar internasional adalah ITIL V3, yang merupakan merupakan suatu kerangka kerja yang digunakan dalam manajemen layanan TI (IT Service Management) dengan memberikan panduan lengkap dalam merancang, mengimplementasikan, dan memelihara layanan TI yang efektif dan efisien. Pada tahap metode penelitian dilakukan gap analysis untuk mengetahui kesenjangan antara kondisi saat ini dengan kondisi ideal berdasarkan ITIL v3. Pada hasil akhir penelitian menyarankan beberapa SOP yang lebih jelas dan terstruktur dengan penerapan SOP penanganan insiden, eskalasi insiden, dan penutupan insiden yang terjadi pada PT Lingkaran Sistem Intelektual.