Action Research Literate (ARL)
Vol. 8 No. 5 (2024): Action Research Literate

Hubungan Pemberian Asupan Gizi Seimbang Dengan Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia 4-5 Tahun Di TK Yaspi Tampubolon Kab. Toba T.A 2023/2024

Khiriyah, Ummi (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jun 2024

Abstract

Pentingnya memperhatikan perkembangan anak usia diani, terutama dari segi fisik dan motorik, tidak dapat diabaikan karena periode ini merupakan dasar pertumbuhan yang mempengaruhi perkembngan selanjutnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi hubungan antara pemberian asupan gizi seimbang dengan perkembangan fisik motorik anak usia 4-5 tahun di TK YASPI Tampubolon pada tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan metode penelitian korelasional. Populasi penelitian terdiri dari 65 anak TK, dengan smpel 21 anak dari kelas TK A. Metode yang digunakan adalah penelitian korelasional dengan menggunakan kuesioner (angket) untuk mengumpulkan data. Analisis data dilakukan dengan korelasi product moment Pearson. Hasil penelitia menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara pemberian asupan gizi seimbang dengan perkembangan fisik motorik anak, dengan koefisien koreli sebesar 0,609. Selain itu, hasil uji t menunjukkan bahwa terdapat hubungan ung kuat dan signifikan antara kedua variabel tersebut, dengan t hitung sbesar 3,353 yang lebih besar dari tabel t Tabel (2,093). Kesimpulannya, penelitian ini menyatakan bahwa pembrian asupan gizi seimbang berperan penting dalam meningkatkan fisik motorik anak usia 4-5 tahun di TK YASPI Tampubolon.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

arl

Publisher

Subject

Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Mathematics Social Sciences

Description

Action Research Literate is a scientific journal in the form of research and can be accessed openly. This journal is published biannual by Syntax Corporation Indonesia. Development of the company make the this Journal is transferred management to the Ridwan Institute which became the part of of ...