Action Research Literate (ARL)
Vol. 8 No. 6 (2024): Action Research Literate

Karakteristik Self-Directed Learning Readiness dan Hubungannya Dengan Prestasi Mahasiswa Kedokteran

Idham Rahman, Muhammad (Unknown)
Indriani Tobondo , Jenita Theresia (Unknown)
Meity , Nur (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2024

Abstract

Self-directed Learning (SDL) dapat membantu mahasiswa kedokteran untuk mencapai kompetensi sebagai life-long learner di abad 21. SDL dapat dinilai menggunakan kuesioner Self-Directed Learning Readiness (SDLR) dan memberikan validasi yang baik untuk mahasiswa kedokteran. Identifikasi SDLR akan membantu institusi untuk meningkatkan prestasi mahasiswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi karakteristik kesiapan belajar mandiri (self-directed learning readiness) di kalangan mahasiswa kedokteran serta menganalisis hubungan antara kesiapan tersebut dengan prestasi akademik mereka. Penelitian cross-sectional dilakukan pada Mahasiswa tahun ke 2,3 dan 4 Fakultas Kedokteran dengan menyebarkan kuesioner SDLR yang telah digunakan pada penelitian sebelumnya dan valid untuk mahaisswa kedokteran. Hasil menununjukan skor SDLR dibandingkan berdasarkan jenis kelamin, tingkat/angkatan mahasiswa, durasi belajar per hari dan IPK. Semua mahasiswa mengisi kuesioner (response rate 100%), skor SDLR rata-rata 139.97 (SD=13.23) dan berbeda secara signifikan berdasarkan tingkat mahasiswa (p=0.004) dan durasi belajar per hari (p=0.002). SDLR tertinggi ditemukan pada kelompok mahasiswa tahun ke 3 dan yang belajar lebih dari 2 jam per hari. Tidak ditemukan perbedaan IPK signifikan antara mahasiswa dengan SDLR sedang dan tinggi. SDLR mahasiswa cukup baik dan dipengaruhi oleh durasi belajar. Kesimpulan menunjukkan pentingnya fasilitas dan metode pembelajaran yang mendukung pembelajaran mandiri untuk meningkatkan SDLR mahasiswa

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

arl

Publisher

Subject

Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Mathematics Social Sciences

Description

Action Research Literate is a scientific journal in the form of research and can be accessed openly. This journal is published biannual by Syntax Corporation Indonesia. Development of the company make the this Journal is transferred management to the Ridwan Institute which became the part of of ...