Action Research Literate (ARL)
Vol. 8 No. 7 (2024): Action Research Literate

Kecemasan Bersekolah pada Anak Pra-Sekolah

Nurshabrina, Maura Fisca (Unknown)
Nadira Agustine, Salwa (Unknown)
Dariyo, Agoes (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jul 2024

Abstract

Kecemasan bersekolah anak prasekolah adalah kecemasan yang dialami oleh seorang anak sebelum usia sekolah dasar ketika ia menjalani tugas-tugas pembelajaran selama di taman kanak-kanak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kecemasan bersekolah pada anak usia prasekolah. Metode penelitian dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengambilan data dengan wawancara dan observasi. Jumlah responden sebanyak 3 orang guru yang mengatasi anak dengan kecemasan dan 3 Orang anak prasekolah usia 4-6 tahun. Teknik analisis dengan menggunakan pendekatan tematik dan dengan menggunakan konsep teori psikoanalisis klasik. Hasil penelitian menunjukkan kecemasan yang dirasakan anak sering kali disebabkan oleh rasa tidak ingin ditinggalkan oleh ibu dan anak belum merasakan kenyamanan dengan lingkungan sekolah sehingga anak merasakan rasa cemas yang berlebihan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

arl

Publisher

Subject

Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Mathematics Social Sciences

Description

Action Research Literate is a scientific journal in the form of research and can be accessed openly. This journal is published biannual by Syntax Corporation Indonesia. Development of the company make the this Journal is transferred management to the Ridwan Institute which became the part of of ...