Penjualan melalui berbagai platform online menjadi saluran utama untuk mempromosikan produk serta layanan. Namun, kemajuan ini disertai dengan berbagai tantangan, terutama dalam hal etika bisnis. Hoax dan penipuan yang marak terjadi, sehingga dapat merusak kepercayaan konsumen, serta reputasi bisnis. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran etika bisnis dalam dunia pemasaran, khususnya dalam mencegah iklan yang menyesatkan, pada konteks hoax maupun penipuan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode tinjauan pustaka. Data dikumpulkan dari berbagai sumber sekunder seperti melalui artikel jurnal ilmiah, berita, laporan penelitian, serta dokumen resmi. Prosedur penelitian dimulai dengan identifikasi masalah, yakni tantangan etika yang dihadapi dalam pemasaran digital, khususnya yang berkaitan dengan hoax dan penipuan. Selanjutnya, dilakukan tinjauan pustaka untuk mengumpulkan dan menganalisis data dari berbagai sumber sekunder, dengan tujuan mempelajari dan mengevaluasi informasi yang relevan dengan topik penelitian. Teknik analisis data yang digunakan yakni dengan analisis tematik. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan etika bisnis dalam dunia pemasaran sangat penting untuk mencegah konten iklan yang menyesatkan dan menipu. Etika bisnis dapat membantu perusahaan untuk membangun kepercayaan konsumen dan menjaga reputasi setiap perusahaan. Penelitian ini juga memberikan rekomendasi praktis bagi bisnis untuk mengadopsi praktik pemasaran yang etis.
Copyrights © 2024