Journal of Comprehensive Science
Vol. 3 No. 4 (2024): Journal of Comprehensive Science (JCS)

Penerapan Model Pembelajaran Projec Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Smk Al Musyawirin

Habibah, Ummi (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Apr 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi berbagai model pembelajaran yang berkaitan dengan Pendekatan Pembelajaran Berbasis Proyek Based Learning (PJbL) melalui pendekatan studi literatur. Pendekatan studi literatur digunakan untuk mengumpulkan informasi dari berbagai sumber teks yang relevan. Tinjauan ini memberikan gambaran komprehensif tentang berbagai model PJbL yang telah dikembangkan dan diimplementasikan dalam konteks pendidikan. Pembelajaran Berbasis Proyek (PJbL) adalah pendekatan yang mendorong siswa untuk belajar melalui eksplorasi proyek atau tugas yang autentik dan relevan. Dalam penelitian ini, berbagai model PJbL dieksplorasi, termasuk model-model yang berfokus pada kerja sama siswa, penggunaan teknologi dalam pembelajaran, integrasi kurikulum, serta aspek-aspek penting lainnya yang mempengaruhi efektivitas pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berbagai model PJbL menawarkan pendekatan yang beragam namun sejalan dalam tujuan mereka untuk meningkatkan keterlibatan siswa, pemahaman konsep, keterampilan berpikir kritis, dan kreativitas. Selain itu, temuan penelitian ini menyoroti pentingnya dukungan guru, infrastruktur teknologi yang memadai, dan integrasi kurikulum yang efektif dalam mengimplementasikan model-model PJbL. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam pemahaman tentang berbagai model pembelajaran PJbL dan implikasinya dalam konteks pendidikan saat ini. Rekomendasi untuk penelitian masa depan termasuk fokus pada evaluasi efektivitas model-model PJbL secara empiris, pengembangan strategi pendukung yang lebih efektif, serta penerapan model-model tersebut dalam berbagai konteks pendidikan untuk memperluas generalisasi hasil-hasil penelitian.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jcs

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Electrical & Electronics Engineering Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science

Description

This journal publishes research articles covering multidisciplinary sciences, which includes: Humanities and social sciences, contemporary political science, Educational sciences, religious sciences and philosophy, economics, Engineering sciences, Health sciences, medical sciences, design arts ...