Virtual reality adalah teknologi yang menggunakan perangkat elektronik canggih untuk menciptakan lingkungan yang terlihat nyata, sehingga pengguna dapat berinteraksi dengan lingkungan tersebut. Virtual reality dapat memunculkan gambar-gambar 3D yang dibuat komputer dan dibantu dengan sejumlah peralatan tertentu agar penggunaannya seakan terlibat langsung secara fisik dalam lingkungan tersebut. Media virtual reality dikembangkan oleh software MilleaLab. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh media media virtual reality berbantuan software Millealab pada pembelajaran IPA terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa SMP. Metode yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan rancangan penelitian nonquivalent (pretest dan posttest) control group design. Kegiatan penelitian menggunakan dua kelas, media virtual reality berbantuan software MilleaLab diterapkan pada kelas eksperimen sedangkan kelas kontrol pembelajaran tidak menggunakan media virtual reality berbantuan software MilleaLab. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media virtual reality berbantuan software MilleaLab terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa SMP. Dengan demikian, media ini dianggap efektif sebagai media pembelajaran IPA siswa SMP, sebagaimana terlihat dari rata-rata nilai post test kelas eksperimam yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol
Copyrights © 2024