Eduproxima : Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA
Vol 6, No 3 (2024)

PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS SCIENTIFIC INQUIRY TERINTEGRASI ETNOSAINS PADA MATERI ZAT ADITIF DAN ZAT ADIKTIF

Nuril Hilma (Unknown)
Yudha Irhasyuarna (Prodi Pendidikan IPA, FKIP, Universitas Lambung Mangkurat)
Sauqina Sauqina (Prodi Pendidikan IPA, FKIP, Universitas Lambung Mangkurat)



Article Info

Publish Date
28 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini dilakukan peneliti karena dilatar belakangi oleh belum adanya modul IPA yang yang dapat digunakan dalam pembelajaran sebagai perantara antara materi pelajaran IPA berbasis scientific inquiry terintegrasi Etnosains Kalimantan. Modul yang dikembangkan dibatasi untuk pokok bahasan zat aditif dan zat adiktif berbasis Scientific inquiry terintegrasi etnosains Kalimantan. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan validitas modul pembelajaran berbasis scientific inquiry terintegrasi etnosains pada materi zat aditif dan zat adiktif. Metode yang digunakan adalah metode 4D. Data penelitian ini didapatkan melalui lembar validasi modul yang telah dilakukan, hasilnya didapatkan bahwa hasil penelitian modul ini bisa dikatakan valid dengan skor rata-rata 89,7% (sangat valid). Dari hasil penelitian yang didapat maka dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran IPA materi zat aditif dan zat adiktif berbasis Scientific inquiry terintegrasi etnosains telah layak digunakan pada pembelajaran

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

eduproxima

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemistry Earth & Planetary Sciences Education Physics

Description

Jurnal Eduproxima: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA menyajikan hasil penelitian yang berkenaan dengan bidang kajian fisika, kimia, biologi, dan penerapan IPA atau sains dalam pendidikan. Jurnal diterbitkan 2 kali setahun (Januari dan ...