Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model discovery learning berbasis praktikum terhadap hasil belajar peserta didik pada konsep sifat koligatif larutan. Penelitian ini dilakukan di SMAK Frateran Ndao dengan menggunakan metode penelitian quasi eksperimen dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Sampel yang digunakan sebanyak 28 peserta didik kelas eksperimen dan 26 peserta didik kelas kontrol. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui instrumen tes hasil belajar sebanyak 30 butir soal yang kemudian dianalisis menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji hipotesis menggunakan uji-t dengan SPSS mendapatkan nilai Sig. (2-tailed) adalah 0,00. Nilai sig (2-tailed) yang lebih rendah dari 0,05 dapat diartikan bahwa hipotesis diterima, dimana terdapat pengaruh yang signifikan antara metode discovery learning berbasis praktikum dengan hasil belajar peserta didik pada materi Sifat Koligatif Larutan.
Copyrights © 2024