Penelitian bertujuan untuk menilai validitas, kepraktisan, dan keefektifan terhadap modul ajar interaktif berbantuan augmented reality yang dikembangkan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa terhadap materi sistem peredaran darah kelas VIII SMP. Jenis penelitian berupa Research and Development (RD). Model penelitian berupa model ADDIE melalui 5 tahap, meliputi Analyze (menganalisis), Design (mendesain), Develop (mengembangkan), Implement (mengimplementasikan), dan Evaluate (mengevaluasi). Subjek penelitian uji coba produk yaitu siswa kelas VIII A SMPN 2 Maesan. Hasil dari penelitian ini menyatakan modul ajar interaktif berbantuan augmented reality untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas VIII termasuk kategori sangat valid dengan presentase 90%, dikategorikan sangat praktis dengan presentase 93%, dikategorikan sangat praktis dengan presentase 90%, serta dikategorikan sedang pada uji keefektifan menggunakan nilai N-gain sebesar 0,68. Berdasarkan hal tersebut, modul ajar interaktif berbantuan augmented reality yang dikembangkan sangat layak serta praktis digunakan pada kegiatan pembelajaran.
Copyrights © 2024