Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengembangkan laboratorium virtual menggunakan Adobe Animate pada materi perpindahan kalor di kelas V sekolah dasar serta menilai tingkat kelayakan laboratorium virtual menggunakan Adobe Animate pada materi perpindahan kalor di kelas V sekolah dasar. Waktu dan lokasi penelitian ini di SDN 208/IV Kota Jambi pada Januari 2024. Model pengembangan yang diterapkan pada penelitian ini yakni model pengembangan DDD-E (Decide, Design Development, and Evaluate). Produk yang dihasilkan melalui pengembangan ini divalidasi oleh tim ahli dalam bidang bahasa, materi, media, serta diuji coba pada kelompok kecil dan besar dengan menggunakan instrumen penelitian berupa pengisian angket. Hasil penelitian diperoleh berupa produk laboratorium virtual materi perpindahan kalor yang dirancang menggunakan Adobe Animate. Adapun hasil skor rata-rata yang diperoleh dari validasi akhir ahli bahasa ialah 4,18 dengan kategori layak, ahli materi memperoleh skor rata-rata sebesar 4,18 dengan kategori layak, ahli media memperoleh hasil skor rata-rata sebesar 4,83 dengan kategori sangat layak. Kemudian hasil skor rata-rata penilaian guru sebesar 4,8 dengan kategori sangat praktis. Hasil respon siswa kelas V SDN 208/IV Kota Jambi yakni sebesar 4,54 dikategorikan sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa laboratorium virtual menggunakan Adobe Animate di kelas sekolah dasar sudah layak digunakan.
Copyrights © 2024